Siregar, Dahlia Samawati (2018) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat desa Pargarutan Tonga Kecamatan Angkola Timur Menjadi Nasabah Di Bank Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 401 00084.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat masyarakat untuk menjadi nasabah di bank syariah. Dilihat dari kenyataannya bahwa masih banyak masyarakat yang menabung di bank konvensional. Mayoritas masyarakat adalah muslim, dan sudah banyak yang haji maupun umroh. Jumlah masyarakat yang menjadi nasabah di bank syariah sebanyak 72 orang dan yang menggunakan bank konvensional sebanyak 105 orang. Hal ini disebabkan karena masyarakat tidak memahami tentang bank syariah dan beranggapan bahwa bank syariah sama dengan bank konvensional. Rumusan masalah penelitian ini apakah faktor pribadi, faktor sosial, dan faktor promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat Desa Pargarutan Tonga Kecamatan Angkola Timur menjadi nasabah di bank syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah faktor pribadi, faktor sosial, dan faktor promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat Desa Pargarutan Tonga Kecamatan Angkola Timur untuk menjadi nasabah di bank syariah. Penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti dan bagi pembaca. Penelitian ini berkaitan dengan teori mengenai faktor- faktor yang mempengaruhi minat dan perilaku konsumen diantaranya adalah faktor pribadi, faktor sosial, faktor budaya, dan faktor psikologi. Adapun faktor yang dijadikan sebagai variabel independen dalam penelitian ini adalah faktor pribadi, faktor sosial, dan faktor promosi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan melibatkan sampel 72 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial faktor pribadi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat dengan nilai thitung > ttabel (2,056 > 1,995), faktor sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat dengan nilai thitung > ttabel (3,613 > 1,995), faktor promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat dengan nilai thitung > ttabel (2,592> 1, 995). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa faktor pribadi, faktor sosial, dan faktor promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat dengan Fhitung > Ftabel (11,692 > 2,74). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 34% variabel faktor pribadi, faktor sosial, dan faktor promosi mampu mempengaruhi minat masyarakat dan 66% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat; Faktor pribadi; Faktor sosial; Faktor promosi |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 00:17 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 00:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1871 |
Actions (login required)
View Item |