Siregar, Chairani (2018) Pengaruh nilai taksiran, biaya-biaya, promosi dan pelayanan terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa gadai emas syariah pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0099.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Salah satu kegiatan bank syariah yang cukup berkembang pesat di masyarakat adalah layanan gadai emas syariah. Gadai emas syariah merupakan sistem pembiayaan yang dilakukan oleh perbankan syariah dengan dasar hukum Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia, baik sistem gadainya maupun emas sebagai barang gadainya. Gadai emas syariah merupakan jenis jasa pembiayaan baru dari perbankan syariah yang sebelumnya sudah dirintis oleh pegadaian. Produk gadai merupakan jasa yang lebih mudah dan cepat bagi konsumen untuk meminjam uang dengan barang-barang pribadi konsumen sebagai jaminan. Awalnya masyarakat mengetahui tempat untuk menggadaikan emas milikmya di pegadaian saja. Kini masyarakat mulai menggunakan gadai emas pada perbankan syariah. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan nasabah, nilai taksiran, biaya-biaya, promosi dan pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan sumber data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dengan jumlah sampel 94 Nasabah. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), dan uji koefisien determinasi. Dengan menggunakan program SPSS Versi 22.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan KN = 5,905 + 0,224NT + 0,582BB + 0,0248P – 0,023P dan data Adjusted R square sebesar 0,405 hal ini berarti 40,5% variabel Nilai Taksiran, Biaya-Biaya, Promosi dan Pelayanan mampu menerangkan variabel Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Gadai Emas Syariah Pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan, sedangkan sisanya sebesar 59,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, Nilai Taksiran memiliki thitung> ttabel dan tingkat signifikansi <α (1,853 > 1,662 dan 0,067<0,1) artinya Nilai Taksiran berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Nasabah. Biaya-Biaya memiliki thitung> ttabel (3,948>1,662) tingkat signifikansi <α (0,000<0,1) artinya Biaya-Biaya berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Nasabah. Promosi memiliki thitung)< ttabel dan tingkat signifikansi <α (0,199<1,662 dan 0,843>0,1) artinya Promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Nasabah, Pelayanan memiliki thitung)< ttabel dan tingkat signifikansi <α (-0,223<1,662 dan 0,824>0,1) artinya Pelayanan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Nasabah. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa Nilai Taksiran, Biaya-Biaya, Promosi dan Pelayanan memiliki Fhitung > Ftabel (16,801>2,01) dan tingkat signifikansi yang diperoleh 0,000 <α (0,1) artinya Nilai Taksiran, Biaya-Biaya, Promosi dan Pelyanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Gadai Emas Syariah Pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Nilai taksiran; biaya-biaya; promosi; palayanan; keputusan nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2020 02:23 |
Last Modified: | 22 May 2020 02:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1619 |
Actions (login required)
View Item |