Rahma, Siti (2016) Kompetensi guru matematika setelah program sertifikasi di SMP Negeri 5 Siabu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 330 0128.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Kompetensi guru matematika setelah program sertifikasi adalah kemampuan kerja seorang pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai dan pengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak unsia dini, jalur pendidikan formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah setelah mendapat sertifikat pendidik sebagai guru. Dengan adanya sertifikasi, Pemerintah berharap kinerja guru akan meningkat dan pada gilirannya mutu pendidikan nasional akan meningkat pula, karena program sertifikasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kebutuhan dan kesejahteraan para guru. Guru yang telah disertifikasi memperoleh tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok sehingga kebutuhan dan kesejahteraan guru memadai, karena kesejahteraan yang memadai merupakan satu faktor yang sangat mempengaruhi berkualitasnya kompetensi guru. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru matematika setelah program sertifikasi di SMP Negeri 5 Siabu, kendala yang dihadapi guru matematika setelah program sertifikasi di SMP Negeri 5 Siabu dan untuk mengetahui apa solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru matematika setelah program sertifikasidi SMP Negeri 5 Siabu. Metode penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini adalah deskriptif kualitatif yang hanya memaparkan situasi atau peristiwa. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan skunder,yang meliputi guru matematika setelah mendapat program sertifikasi guru di SMP Negeri 5 Siabu, kepala sekolah, rekan guru dan siawa/siswi yang dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Setelah penelitian ini dilakukan, maka penulis memperoleh hasil penelitian bahwa kinerja guru matematika setelah program sertifikasi sudah semakin baik. Walaupun masih ada kendala seperti masih ada peserta didik yang menganggab bahwa matematika itu sulit, tidak menarik, menegangkan dan membosankan. Solusi untuk mengatasinya ialah para guru matematika berusaha semaksimal mungkin dalam memotivasi dan memilih metode pembelajaran yang sesuai serta selalu mengajak peserta didik menganggab matematika itu suatu pelajaran yang menerik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kompetensi guru matematika; program sertifikasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2020 02:00 |
Last Modified: | 22 May 2020 09:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1617 |
Actions (login required)
View Item |