Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisa kesulitan belajar siswa kelas III Madrasah Al Wasliyah Aek Tampang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan

Nasution, Asnidah (2016) Analisa kesulitan belajar siswa kelas III Madrasah Al Wasliyah Aek Tampang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0173.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah analisa kesulitan belajar siswa kelas III MDA Al-Waliyah Aek Tampang, apa faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas III MDA Al-Wasliyah Aek Tampang, dan bagaimana usaha atau cara mengatasi kesulitan belajar siswa. Berdasarkan masalah tersebut diatas, maka tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa kelas III yang masih kurang memahami bahasa Arab, yang dipengaruhi dari siswa yang tidak mempunyai buku pelajaran yang hanya bersumberkan dari gurunya saja. Untuk mengetahui usaha yang dilakukan instansi sekolah untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa di MDA Al-Wasliyah Aek Tampang. Penelitian ini dilaksanakan di MDA Al-Wasliyah Aek Tampang, yang sumber datanya dari siswa dan guru. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan penomena-penomena yang ada. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan datanya adalah wawancara dan observasi, dokumentasi. Setelah penelitian dilakukan dapat diketahui bahwa kesulitan belajar siswa dalam memahami materi pelajaran. siwa tidak mampu memahami kosa kata bahasa Arab, siswa tidak mampu memahami bahasa Arab, siswa kurang mampu membaca bahasa Arab. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah, faktor internal dan faktor eksternal yaitu dimana faktor eksternal adalah kurangnya motivasi belajar yang diberikan, kurangnya bahan pelajaran dan cara mengajarnya. Sedangkan factor internal dari bservasi yang saya teliti adalah berasal dari siswa itu sendiri kurang minat belajar, bosan, dan kesiapan siswa serta kelelahan siswa dalam belajar, tidak hadir, cabut. Dan usaha yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar itu adalah menyampaikan pelajaran sesuai dengan kemampuan siswa. Memberikan buku pelajaran supaya mudah dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Sering memberikan motivasi dan memperhatikan siswa yang mengalami kesulitan belajar, mempersiapkan materi dan menggunakan metode yang bervariasi, memberikan kesimpulan dan memperhatikan situasi kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si. M.Pd dan Muhlison, M.A
Keywords: Kesulitan Belajar Siswa; Usaha Atau Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 22 May 2020 02:59
Last Modified: 23 Aug 2021 06:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item View Item