Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan

Nasution, Nurazizah (2013) Kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 310 0051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, apa saja kendala yang dihadapi dalam menngkatkan kreativitas para guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, dan apa usaha guru PAI menghadapi kendala dalam meningkatkan keativitas dalam memotivasi belajar siswa SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah unuk mengetahui kreativitas guru PAI dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kreativitas para guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar siswa SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, usaha guru PAI menghadapi kendala dalam meningkatkan keativitas dalam memotivasi belajar siswa SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif digunakan metode diskriptif, untuk mengumpulkan data yan dibutuhkan digunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan observasi. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kretivitas guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan terlihat dari tingginya tingkat kehadiran siswa, aktifnya siswa dalam proses pembelajaran dikarenakan guru PAI di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan dalam proses pembelajaran metode pembelajaran yang bervariasi, menggunakan media pembelajaran serta memberikan motibasi-motivasi dalam bentuk hadiah, memberi angka, saingan/ kompetisi, egoinvolvement, memberikan ulangan, pujian, maupun hukuman. Yang mempengaruhi kreativitas guru PAI dalam memotivasi siswa adalah tingkat pendidikan, fasilitas dan waktu yang luang. Karena dengan ketiga faaktor tersebut akan dapat meningkatkan kreivitas guru PAI dalam memotivasi siswa. Yang menjadi kendala dalam meningkatkan kreativitas guru PAI di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan adalah kurangnya fasilitas yang berbentuk media pembelajaran di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan khususnya untuk materi PAI dan waktu yang tersedia tidak mencukupi dengan materi PAI yang banyak, serta guru yang hanya tiga orang. Kendala-kendala yang dihadapi guru PAI di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan dapat diatasi dengan kreativitas guru yang baik. Seperti pemamfaatan fasilitas penggunaan media yang ada dan dengan kreativitas guru lebih termotivasi dalam belajar PAI dalam memotivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kreativitas; guru; motivasi; belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 19 May 2020 02:15
Last Modified: 19 May 2020 02:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item View Item