Rambe, Nur Sopa (2016) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat desa Sitaratoit Kec. Angkola Barat Kab. Tapanuli Selatan untuk menggunakan jasa pegadaian syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 220 0117.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya minat masyarakat untuk menggunakan jasa pegadaian. Hal ini disebabkan karena minimnya pengetahuan masyarakat terhadap fungsi, peran, dan manfaat pegadaian. Dan dilihat dari kenyataannya bahwa masih banyak masyarakat yang ketika membutuhkan dana mendesak meminjam kepada rentenir. Seperti hal nya pada penelitian ini dimana masih banyak masyarakat yang menggunakan jasa rentenir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat Desa Sitaratoit Kec. Angkola Barat Kab. Tapanuli Selatan untuk menggunakan jasa pegadaian syari‟ah. Penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti dan bagi pembaca. Penelitian ini berkaitan dengan teori mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan diantaranya adalah faktor sosial, faktor pribadi, faktor budaya, dan faktor psikologi. Adapun faktor yang dijadikan sebagai variabel independen dalam penelitian ini adalah faktor sosial dan faktor pribadi, dan menggunakan faktor pendukung lainnya yaitu faktor promosi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner melibatkan sampel 56 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial faktor sosial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat dengan nilai thitung < ttabel (-0,632 < 1,298), faktor pribadi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat dengan nilai thitung > ttabel (4,338 > 1,298), faktor promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat dengan nilai thitung > ttabel (1,483 > 1,298). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat dengan Fhitung > Ftabel (7,294 > 1,602). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 26,1% variabel faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor promosi mampu mempengaruhi minat masyarakat dan 73,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Faktor sosial; Faktor pribadi; Faktor promosi |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 15 May 2020 00:33 |
Last Modified: | 15 May 2020 00:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1490 |
Actions (login required)
View Item |