Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan teller terhadap kepuasan nasabah dalam melakukan transaksi di PT.Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan

Galingging, Nur Hasanah (2016) Pengaruh kualitas pelayanan teller terhadap kepuasan nasabah dalam melakukan transaksi di PT.Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0158.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kualitas pelayanan teller adalah kemampuan teller untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah sesuai dengan harapan nasabah. Kualitas pelayanan dalam sebuah bank merupakan hal yang sangat penting, sehingga para banker harus lebih memperhatikan kualitas pelayanan terutama teller yang secara langsung bertransaksi dengan nasabah. Melalui pelayanan teller yang baik, maka nasabah akan terdorong untuk menabung di bank dan merasakan puas atas pelayanan tersebut sehingga tidak menutup kemungkinan nasabah akan loyal. Pada umumnya kepuasan nasabah yang tinggi dihubungkan dengan kualitas pelayanan yang tinggi. Dengan kinerja karyawan yang semakin baik atau meningkat maka pelayanan yang diberikan pada nasabah juga akan semakin baik. Masalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fluktuasi jumlah nasabah membuka rekening di setiap bulan dan adanya pernyataan dari responden mengenai kualitas pelayanan teller yang kurang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini, apakah ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan teller terhadap kepuasan nasabah dalam melakukan transaksi di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini membahas tentang pengaruh kualitas pelayanan teller terhadap kepuasan nasabah dalam melakukan transaksi di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan, sehingga tinjauan teori disesuaikan dengan ruang lingkup yang dibahas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang disajikan dalam bentuk angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket. Sampel yang digunakan sebanyak 145 nasabah dengan tekhnik pengambilan sampel sampling insidental. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan teller berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam melakukan transaksi di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel sebesar (9,237 > 1,645). Nilai R2 sebesar 37,4%, hal ini menunjukkan sumbangan pengaruh variabel independen (kualitas pelayanan teller) terhadap variabel dependen (kepuasan nasabah) sebesar 37,4% sedangkan sisanya sebesar 62,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini seperti promosi, bagi hasil dan lain-lain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kualitas pelayanan teller; Kepuasan nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 15 May 2020 02:14
Last Modified: 15 May 2020 02:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1488

Actions (login required)

View Item View Item