Nirmalasari, Pitri (2016) Pengaruh harga emas terhadap minat nasabah menggunakan jasa gadai syariah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0118.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Harga menjadi sangat penting untuk diperhatikan, mengingat harga sangat menentukan laku tidaknya produk atau jasa pegadaian/perbankan. Harga emas yang selalu naik turun sangat mempengaruhi nasabah menggunakan jasa gadai syariah karena apabila harga emas naik maka minat nasabah menggunakan jasa gadai syariah akan meningkat begitu juga sebaliknya. Namun terkadang pada situasi tertentu di saat harga emas naik, minat nasabah menggunakan jasa gadai syariah menurun disebabkan nasabah lebih memilih menggunakan barangnya daripada menggadaikannya. Harga emas dapat didefinisikan sebagai harga yang ditentukan berdasarkan permintaan dan penawaran terhadap emas. Sedangkan minat nasabah adalah suatu keadaan dimana nasabah mempunyai perhatian terhadap suatu kebutuhan produk dalam suatu lembaga keuangan disertai keinginan dan kecenderungan hati yang kuat. Faktor dalam menarik minat nasabah adalah salah satunya harga emas, karena disaat harga emas naik, maka nilai taksiran dan uang pinjaman yang diterima nasabah akan naik, begitu juga sebaliknya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket yang diberikan kepada 99 responden. Adapun metode analisis yang digunakan antara lain: uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi (R2) dan pengujian hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa harga emas mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan jasa gadai syariah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,560 dan bernilai positif menunjukkan bahwa jika harga emas mengalami kenaikan Rp. 1 maka minat nasabah (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,560 satuan. Selanjutnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,390 menunjukkan bahwa harga emas berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan jasa gadai syariah sebesar 39 %. Sementara hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 7,110 > 1,994, hasil ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh harga emas terhadap minat nasabah menggunakan jasa gadai syariah. Maka hipotesis menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari harga emas terhadap minat nasabah menggunakan jasa gadai syariah diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Harga; emas; minat; nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 14 May 2020 03:13 |
Last Modified: | 14 May 2020 03:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1446 |
Actions (login required)
View Item |