Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pelaksanaan promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan

Sihotang, Muhammad Aziz Aulia (2016) Pengaruh pelaksanaan promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 220 0109.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan. Latar belakangnya adalah perkembangan jumlah nasabah baru dari bulan ke bulan yang cenderung tidak mengalami peningkatan yang berarti. Peningkatan jumlah nasabah dipengaruhi oleh berbagai faktor yang kompleks, salah satunya adalah faktor promosi. Penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh pelaksanaan promosi (X) terhadap peningkatan jumlah nasabah (Y) pada PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan. Dalam pembahasannya skripsi ini banyak menggunakan teori- teori ilmu promosi. Tentunya dalam pengelola datanya digunakan dengan bantuan ilmu statistik. Penelitian ini adalah penelitian metode kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu menggunakan regresi linear sederhana dengan peningkatan jumlah nasabah sebagai variabel terikat (Y) dan pelaksanaan promosi (X) sebagai variabel bebas. pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 17.0 .Dari perhitungan korelasi diperoleh r= 0,701 artinya antara variabel pelaksanaan promosi (X) dan peningkatan jumlah nasabah(Y) di PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan memiliki hubungan searah atau positif, artinya dengan menaikkan tingkat pelaksanaan promosi maka akan berdampak kepada meningkatnya jumlah nasabah di PT. PNM ULaMM Syariah Unit Panyabungan. Hubungan yang terjadi dikategorikan sebagai hubungan yang kuat. Koefisien determinasi (r²) diperoleh sebesar 0,491 atau 49,1 % yang menjelaskan bahwa variabel pelaksanaan promosi (X) memberikan pengaruh hanya sebesar 49,1% terhadap variabel peningkatan jumlah nasabah(Y). Sedangkan sisanya 50,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari pengolahan data yang dilakukan diperoleh persamaan regresi berikut: Y‟ = 3,370 + 0,000001263X Artinya setiap peningkatan variabel biaya Promosi (X) sebesar 1% akan berakibat meningkatnya nilai variabel peningkatan jumlah nasabah(Y) sebesar 0,000001263%. Dengan kata lain setiap peningkatan pelaksanaan promosi sebesar Rp. 1.000.000 akan mengakibatkan peningkatan jumlah nasabah sebanyak 1,263 orang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Promosi; nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 14 May 2020 02:40
Last Modified: 14 May 2020 02:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item