Rambe, Rostiana (2016) Profesionalitas guru dalam pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam di SD Negeri Parigi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0235.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini sebuah kajian tentang Profesionalitas Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Parigi dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Parigi, apa kendala yang dialami guru PAI dalam pengembangan bahan ajar PAI di SD Negeri Parigi, dan bagaimana upaya guru PAI dalam pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Parigi. Sejalan dengan masalah yang di atas, maka penelitian ini berfokus kepada guru-guru Pai yang ada di SD Negeri Parigi yaitu Ibu Masliani Harahap, S. Pd dan Ibu Serimawati, S. Pd. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data kelapangan melalui observasi dan wawancara kepada guru-guru bidang studi PAI, kepala sekolah, guru-guru bidang studi lainnya dan murid SD Negeri Parigi. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan: Pertama, Profesionalitas Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar PAI di SD Negeri Parigi berada pada kategori kurang baik dikarenakan guru PAI di SD Negeri Parigi sudah dapat menguasai bahan pelajaran, mengelola program belajar mengajar, dan mengelola kelas tetapi belum bisa menggunakan media yang sesuai dengan materi dan belum bisa menggunakan metode yang bervariasi. Kedua, kendala yang dialami guru PAI dalam pengembangan bahan ajar di SD Negeri Parigi yaitu kurangnya pengaplikasian guru tentang pembuatan RPP, guru terlalu fokus kepada satu buku paket PAI, dan masih kurang dalam menggunakan media yang ada yang sesuai dengan materi pelajaran, kemudian penggunaan metodenya lebih sering dengan metode ceramah, kurang ketatnya peraturan dari Kepala Sekolah kepada guru-guru yang mengajar di kelas, masih minimnya guru PAI yang mengambil jurusan PAI Sehingga pengetahuannya masih minim. Ketiga, upaya yang dilakukan Guru PAI dalam pengembangan bahan ajar PAI di SD Negeri Parigi adalah Guru PAI menganalisis Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ada di RPP untuk menentukan bagian-bagian yang harus dikuasai oleh peserta didiknya, Guru PAI di SD Negeri Parigi menentukan cakupan materi dengan cara mempertimbangkan standar minimal dari SK-KD dari kurikulum yang ada dan sesuai dengan kemampuan anak didik. Memberikan kesempatan kepada Guru PAI untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi dengan program studi PAI, Membuat perencanaan pembelajaran, melakukan pengayaan materi, Memberikan kesempatan kepada guru-guru PAI untuk mengikuti seminar-seminar pendidikan yang berprioritas untuk mempunyai keterampilan mendidik, memberikan fasilitas buku yang berkenaan dengan ilmu PAI kepada guru PAI, mengikuti penataran guru bidang studi PAI dalam rangka meningkatkan profesional keguruan PAI dan pada saat proses pembelajaran guru diwajibkan membawa buku paket dan buku yang berkenaan dengan bahan yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Profesionalitas guru; pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 13 May 2020 02:20 |
Last Modified: | 13 May 2020 02:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1416 |
Actions (login required)
View Item |