Sihombing, Rahmayani (2018) Pengaruh promosi terhadap minat nasabah menggunakan produk Tabungan Marwah di PT. Bank SUMUT Cabang Pembantu Syari’ah Rantauprapat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 401 00113.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi jumlah nasabah pengguna produk tabungan marwah belum menunjukkan peningkatan yang signifikan, selama lima tahun yaitu mulai tahun 2013-2017. Dimana pada tahun 2013-2014 jumlah nasabah pengguna tabungan marwah tidak mengalami peningkatan yang signifikan, dan pada tahun 2016 mengalami peningkatan sebesar 420, sedangkan pada tahun 2017 mengalami penurunan sebesar 310 nasabah, oleh karena fluktuasi tersebut tentu ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan produk tabungan marwah. sehingga jumlah nasabah setiap tahunnya mengalami perubahan tidak cendrung kearah peningkatan yang berubah-ubah. Oleh karena itu bank dapat melakukan promosi dengan cara periklanan dan promosi penjualan. Rumusan masalah dalam penelitian ini dibatasi oleh periklanan dan promosi penjualan, yaitu untuk mengetahui pengaruh periklanan dan promosi penjualan tarhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan marwah. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang-bidang ilmu perbankan syari’ah. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan periklanan, promosi penjualan, dan minat nasabah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, sumber data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner (angket). Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan produk tabungan marwah di PT. Bank SUMUT dengan jumlah sampel 76 orang dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial periklanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah dengan nilai thitung > ttabel (4, 294 > 1,666), maka H0 ditolak H1 diterima artinya terdapat pengaruh promosi terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan marwah di PT Bank SUMUT Cabang Pembantu Syari’ah Rantauprapat. Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (105,992 > 3,12) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa secara simultan periklanan, dan promosi penjualan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan marwah di PT. Bank SUMUT Cabang Pembantu Syari’ah Rantauprapat. Dari perhitungan koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,744 atau 74,4%, Sedangakan sisanya sebesar 25,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, SEI., MA dan Windari, SE., MA |
Keywords: | Periklanan; Promosi Penjualan; Minat Nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 02 Apr 2020 04:06 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 02:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/133 |
Actions (login required)
View Item |