Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan intensi nasabah menggunakan mobile banking dengan technology acceptance model 2 dimoderasi gaya hidup islami

Yanti, Atika Rahma (2025) Determinan intensi nasabah menggunakan mobile banking dengan technology acceptance model 2 dimoderasi gaya hidup islami. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2140100013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Layanan Mobile Banking syariah telah berkembang pesat dan menawarkan kemudahan serta efisiensi bagi nasabah, kenyataannya masih banyak nasabah yang belum memanfaatkan layanan ini secara optimal. Beberapa di antaranya masih lebih memilih datang langsung ke kantor cabang atau hanya menggunakan layanan Mobile Banking untuk transaksi terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan pengaruh sosial terhadap minat nasabah menggunakan Mobile Banking yang dimoderasi gaya hidup Islami. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu Perancangan Model Pengukuran (outer model), Perancangan Model Struktural (inner model), dan Pengujian Hipotesis menggunakan bantuan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi kegunaan (perceived usefulness) berpengaruh dan signifikan terhadap intensi nasabah menggunakan Mobile Banking. Persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap intensi nasabah menggunakan Mobile Banking. Pengaruh sosial (social influence) berpengaruh dan signifikan terhadap intensi nasabah menggunakan Mobile Banking. Persepsi kegunaan (perceived usefulness) berpengaruh dan signifikan terhadap intensi nasabah dalam menggunakan Mobile Banking yang dimoderasi oleh gaya hidup Islami. Persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) berpengaruh dan signifikan terhadap intensi nasabah dalam menggunakan Mobile Banking yang dimoderasi oleh gaya hidup Islami. Pengaruh sosial (social influence) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap intensi nasabah dalam menggunakan Mobile Banking yang dimoderasi oleh gaya hidup Islami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: M. Fauzan, M.E.I dan Nurhalimah Lubis, M.E
Keywords: Nasabah; Mobile banking; Technology acceptance; Gaya hidup islami
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Dec 2025 05:28
Last Modified: 22 Dec 2025 05:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13207

Actions (login required)

View Item View Item