Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk Arrum Haji di PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Padangsdimpuan

Lubis, Syukron Rizki Asyhari (2018) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk Arrum Haji di PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Padangsdimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00170.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Semakin meningkatnya minat para masyarakat muslim untuk melaksanakan ibadah haji terlihat dari semakin banyaknya jumlah kuota haji Indonesia terkhususnya Padangsidimpuan. tetapi diketahui bahwa perkembangan jumlah nasabah arrum haji di PT.Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Padangsdimpuan masih belum mancapai harapan, dari target PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Padangsdimpuan sebanyak 100 nasabah per tahun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh promosi, budaya, sosial dan pribadi terhadap keputusan nasabah memilih produk arrum haji. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah promosi, budaya, sosial dan pribadi mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih produk arrum haji. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu lembaga keuangan syariah non bank dan keputusan. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan nasabah, promosi, budaya, sosial dan pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakandalam penelitian ini sebanyak 38 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji asumsi klasik. Analisis pengelola data dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 22. Hasil analisis koefesien determinasi (R) sebesar 0,786, artinya korelasi antara variabel promosi, budaya, sosial dan pribadi terhadap keputusan nasabah sebesar 0,786. Hubungan antara promosi, budaya, sosial dan pribadi terhadap keputusan nasabah berada pada interpretasi hubungan yang kuat, Nilai R2 (Adjusted R Square) sebesar 0,571. Menunjukkan bahwa 57,1 persen variabel X1,X2,X3,X4 mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan produk arrum haji sedangkan sisanya 42,9 persen sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini tidak ada pengaruh promosi terhadap keputusan nasabah dengan nilai thitung < ttabel (0,835 < 1,69092). Variabel budaya ada pengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai (4,309 > 1,69092). Variabel sosial ada pengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai (2,11 > 1,69092). Variabel pribadi ada pengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai (3,491 > 1,69092). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa promosi, budaya, sosial dan pribadi mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai Fhitung > Ftabel (13,311 > 2,12).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: promosi; budaya; sosial; pribadi; keputusan nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 09 May 2020 14:01
Last Modified: 09 May 2020 14:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item