Siregar, Nurul Lita Evilia (2018) Pengaruh pengetahuan Agama santri/santriwati tentang perbankan syariah terhadap minat memilih produk Bank Syariah (studi kasus pondok pesantren Darul Istiqomah Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 401 00155.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah pesantren sebagai lembaga pendidikan agama yang diharapkan selain mampu menciptakan generasi muda penerus Da’I seharusnya juga mampu menciptakan generasi muda yang meningkatkan ekonomi umat dengan prinsip Islami. Diketahui bahwa santri/santriwati di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Padangsidimpuan masih sedikit yang menggunakan bank syariah sebagai tempatnya menabung yaitu 37 orang sedangkan sisanya 113 orang masih mengandalkan rekening dan ATM buya atau ustadz dan ustadzahnya. Padahal santri/santriwati sudah mempelajari tentang cara bermuamalah (hubungan sesama manusia) yang sesuai dengan ajaran syariah Islam. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada Pengaruh Pengetahuan Agama Santri/santriwati Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah (Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Istiqomah Padangsidimpuan)? Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengaruh Pengetahuan Agama Santri/santriwati Tentang Perbankan Syariah Terjadap Minat Memilih Produk Bank Syariah (Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Istiqomah Padangsidimpuan). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang pengetahuan agama santri/santriwati dan teori tentang minat memilih produk bank syariah yang dalam hal ini hanya menyoroti produk penghimpunan dana. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 150 santri/santriwati dengan teknik pengambilan sampel adalah sensus. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel pengetahuan agama santri/santriwati mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat memilih produk bank syariah dengan nilai thitung > ttabel (9,620 > 1,976). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) dapat diketahui bahwa 38,5% variabel pengetahuan agama santri/santriwati mampu mempengaruhi variabel minat memilih produk bank syariah dan sisanya sebesar 61,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini berdistribusi normal serta tidak terjadi multikolinearitas dan heteroskedastisitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengetahuan Agama santri/santriwati; minat memilih produk Bank Syariah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 09 May 2020 13:53 |
Last Modified: | 09 May 2020 13:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1317 |
Actions (login required)
View Item |