Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah memilih tabungan Muamalat Reguler Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan

Ritonga, Nurhelimah (2018) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah memilih tabungan Muamalat Reguler Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00154.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah nasabah tahun 2012-2017, pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan. Hal ini disebabkan karena persaingan antar bank yang semakin meningkat sehingga masih perlu untuk meningkatkan konsep bauran pemasaran yang terdiri dari unsur produk, harga, tempat, dan promosi agar tidak terjadi permasalahan yang demikian. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara produk, harga, tempat, dan promosi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah bauran pemasaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah memilih Tabungan Muamalat Reguler pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang konsep bauran pemasaran yang terdiri dari unsur produk, harga, tempat dan promosi, dan teori tentang keputusan nasabah memilih Tabungan Muamalat Reguler pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Uji validitas, Analisis regresi linear berganda, Uji asumsi klasik dan Uji hipotesis. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 94 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah memilih Tabungan Muamalat Reguler dengan nilai thitung>ttabel (1,778>1,662), harga tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah memilih Tabungan Muamalat Reguler dengan nilai thitung<ttabel (-0,008<1,662), tempat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah memilih Tabungan Muamalat Reguler dengan nilai thitung>ttabel (1,891>1,662),dan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah memilih Tabungan Muamalat Reguler dengan nilai thitung>ttabel (8,549>1,662). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa produk, harga, tempat dan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah memilih Tabungan Muamalat Reguler dengan Fhitung>Ftabel (85,932>2,01). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 78,5% variabel produk, harga, tempat dan promosi mampu mempengaruhi keputusan nasabah memilih Tabungan Muamalat Reguler dan 21,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: bauran pemasaran; keputusan nasabah memilih Tabungan Muamalat Reguler
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 09 May 2020 13:44
Last Modified: 09 May 2020 13:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item View Item