Harahap, Gita Novia (2025) Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat nasabah untuk menabung emas pada PT. Pegadaian Syariah (UPS) Kota Pinang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
1840100203.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Di Indonesia peran pegadaian sangat berkontribusi, dengan demikian kita dapat menjumpai pegadaian di mana-mana, bagi masyarakat Indonesia pegadaian Syariah tidak asing lagi, hal ini disebabkan karena peranan pegadaian dalam menyelamatkan masyarakat dari rentenir yang sangat memberatkan masyarakat dalam memperoleh kredit dan modal. Pemenuhan kebutuhan pelanggan tidak terbatas pada produk saja, melainkan jga kualitas pelayanannya. Semakin tinggi tingkat persaingan usaha mengharuskan pihak manajemen selalu inovasi untuk mempertahankan konsumennya sehingga menjadi konsumen yang loyal. Mempertahankan konsumen yang ada lebih baik daripada mencari konsumen baru, dan yang harus dilakukan perusahaan adalah menciptakan konsumen yang loyal Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat nasabah di Pegadaian Syariah (UPS) Kota Pinang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah nasabah di Unit Pegadaian Syariah Kota Pinang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 91 orang dengan menggunakan teknik accidental Sampling. Uji coba dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Untuk uji analisis menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, uji t dan uji F serta koefisien determinan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menabung emas pada PT. Pegadaian Syariah (UPS) Kota Pinang. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, seperti keandalan, empati, dan daya tanggap petugas, maka semakin tinggi pula minat nasabah untuk menabung. Kualitas Produk berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menabung emas pada PT. Pegadaian Syariah (UPS) Kota Pinang. Produk tabungan emas yang memiliki kinerja baik, sesuai spesifikasi, dan memberikan kesan kualitas yang positif, mampu menarik perhatian serta keyakinan nasabah untuk menabung secara berkelanjutan. Secara Simultan variabel Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah untuk menabung emas pada PT. Pegadaian Syariah (UPS) Kota Pinang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., M.M dan M. Fauzan, M.E.I |
| Keywords: | Kualitas pelayanan; Kualitas produk; Minat nasabah; Menabung emas; PT. Pegadaian Syariah; Kota Pinang |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 09:13 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 03:30 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13030 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
