Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Evaluasi implementasi sistem informasi m-banking pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan

Harahap, Desi Fitriani (2024) Evaluasi implementasi sistem informasi m-banking pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040100080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang tidak bisa lepas dari berbagai macam transaksi di tengah-tengah kesibukan yang semakin padat, oleh karena itu bank akan terus melakukan inovasi untuk bisa memberikan kemudahan dan kepuasan kepada nasabah dengan berbagai macam produk-produk yang sesuai dengan target pasar, salah satunya aplikasi SUMUT mobile untuk mengikuti era digital yang semakin canggih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana hasil dari implementasi mobile banking sudah berjalan sehingga evaluasi sangat diperlukan dalam dunia perbankan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 1 karyawan yang merupakan costumer service PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dan 4 nasabah pengguna SUMUT mobile, Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Implementasi dari aplikasi SUMUT mobile ini belum bisa dikatakan berhasil sesuai dengan tujuan aplikasi yang ditetapkan oleh bank, sehingga harus dilakukan evaluasi untuk peningkatkan kembali kualitas aplikasinya. Indikator evaluasi yang digunakan yaitu efektivitas, kecepatan, dan ketepatan. Efektivitas SUMUT mobile masih belum efektif dan efisien. Banyak transaksi maupun informasi bank yang belum ada ataupun belum maximal progresnya pada aplikasi SUMUT mobile yang mempengaruhi efektifitas penggunaan mobile banking bagi nasabah maupun karyawan bank. Kecukupan dari fitur-fitur SUMUT mobile sudah tepat dan lengkap sesuai sasaran akan tetapi masih ada sebagian fitur yang sering terkendala ketika nasabah akan menggunakan nya, yang bisa mengakibatkan kerugian waktu maupun financial nasabah. Ketepatan SUMUT mobile sudah sesuai dengan tujuan bank bukan hanya memudahkan nasabah tetapi juga karyawan bank. Pihak bank akan terus melakukan upgrade aplikasi dan slalu update fitur-fitur SUMUT mobile agar semakin baik kedepannya dilihat dari permasalahan yang masih ada dan perkembangan era digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rizal Ma’ruf Amidy Siregar, M.M dan Nur Mutiah, M.Si
Keywords: Sistem informasi; M-banking; PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150302 Business Information Systems
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Dec 2025 08:09
Last Modified: 09 Dec 2025 08:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13023

Actions (login required)

View Item View Item