Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh keunggulan produk tabungan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah: studi kasus pada PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Utama (KCU) Padangsidimpuan

Susilawati, Susilawati (2025) Pengaruh keunggulan produk tabungan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah: studi kasus pada PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Utama (KCU) Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Keunggulan produk tabungan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan dapat diartikan bahwa dengan produk jasa yang berkualitas, maka nasabah akan memperoleh kepuasan dalam menggunakan jasa perbankan. Keputusan membeli produk dapat dilakukan oleh konsumen apabila produk tabungan yang tersedia mempunyai kualitas yang baik, lengkap, dan terjangkau yang memuasakan. Sehingga akan membuat konsumen lebih senang karena produk yang diinginkannya tidak mengecewakan. Kepuasan nasabah merupakan penilitian dari nasabah atas penggunanya barang atau jasa dibandingkan penggunanya. kepuasan nasabah menjadi tolak ukur perusahaan bagaimana hal kedepannya atau bahkan ada beberapa hal yang harus diubah karena pelanggan tidak puas atau dirugikan. Jika kualitas pelayanan dan kualitas produk yang diberikan sangat baik dan unggul atau berkualitas maka nasabah akan puas. Dengan keunggulan produk dan kualitas pelayanan perusahaan mampu memberikan kepuasan kepada nasabah. Bank Muamalat Indonesia telah berdiri sejak tahun 1991 dan Bank muamalat indonesia merupakan bank pertama murni syariah di Indonesia namun keberadaan Bank Muamalat Indonesia ini belum mendapat perhatian yang optimal dalam tatanan industri perbankan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keuunggulan produk tabungan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori-teori yang digunakan antara lain: pengertian kepuasan nasabah, keunggulan produk tabungan, kualitas pelayanan, pengertian tabungan dan macam-macam tabungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah di bank muamalat indonesia padangsidimpuan yaitu berjumlah 206 nasabah, sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 67 responden. Teknik pengumpulan sampel yaitu secara acak atau (Randam Sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Asumsi Klasik, Uji t dan Uji f dengan menggunakan bantuan SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh keunggulan produk tabungan, dan kualitas pelayanan berpengaruh dalam kepuasan nasabah di Bank muamalat Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel, maka Ha diterima HO ditolak, yang menunjukkan bahwa secara parsial keunggulan produk tabungan dan kualitas pelayanan berpengaruh dalam kepuasan nasabah di Bank Muamalat Padangsidimpuan dan dibuktikan juga dengan nilai Fhitung > Ftabel, maka secara simultan keunggulan produk tabungan dan kualitas pelayanan berpengaruh dalam kepuasan nasabah di Bank Muamalat Indonesia Pandangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A. dan Ihdi Aini, M.E.
Keywords: Produk tabungan; Kualitas pelayanan; Kepuasan nasabah; PT. Bank Muamalat Indonesia
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Dec 2025 08:46
Last Modified: 09 Dec 2025 08:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13022

Actions (login required)

View Item View Item