Simamora, Nisa Agestina (2025) Konsep etika guru dalam pendidikan islam: studi komparasi atas pemikiran Imam Al-Ghazali dengan Kh. Hasyim Asy’Ari. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
1820100274.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti bahwa adanya permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan seperti halnya merosostnya etika dalam proses belajar mengajar. pendidikan merupakan proses pengupayaan memanusiakan manusia. Dalam Islam manusia dijadikan “Khalifah” atau wakil Allah dibumi ini untuk mengatur pelestarian dan pengembangan alam semesta di atas krama peradaban yang ditetapkan Allah dalam Al-Qur’an sebagai Sunnatullah. Pendidikan Islam tidak hanya sebatas trasformasi ilmu pengetahuan yang mengarah pada kemampuan intelektual semata, tetapi juga internalisasi nilai-nilai spiritual keagamaan dan moral etika. Dalam melaksanakan suatu pendidikan guru harus mempunyai etika dalam mengatur hak dan kewajiban. Etika yang dimiliki oleh sebagain guru dewasa ini telah mengalami kemerosotan, terlihat dari banyaknya kasus pencabulan, kekerasan kepada murid sampai tindak korupsi. Disini peneliti menggunakan komparasi antara tokoh Al-Ghazali dan KH. Hasyim Asy’ari mengenai etika guru. Kedua tokoh tersebut merupakan ulama yang hidup pada zaman yang berbeda dan latar belakang yang berbeda. Masing-masing tokoh mempunyai teori dan konsep tersendiri mengenai pemikiran-pemikiran yang membahas tentang etika guru menurut Imam Al-Ghazali dalam karya kitabnya Ihya Ulumuddin telah mengenalkan berbagai persoalan tentang pendidikan, begitu juga KH. Hasyim Asy’ari dengan karyanya Adab al-Allim Wa al-Muta’allim telah membahas berbagai macam etika dalam bidang pendidikan, sehingga dapat memberi tauladan yang baik bagi guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (Library Research). Adapun sumber data yang data dalam penelitian ini adalah data primer dan skunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Content Analisis, analisis terhadap berbagai sumber informasi berkaitan dengan permasalahan penelitian. Kemudian dari pemikiran kedua tokoh tersebut. Dan Analisis Komparatif yaitu untuk menjelaskan dua fenomena yakni persamaan dan perbedaan mengenai konsep etika guru yang sudah digagas oleh kedua tokoh hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat banyak perbedaan melainkan lebih banyak terdapat persamaan mengenai pemikiran Imam Al-Ghazali dan KH. Hasyim Asy’ari tentang etika guru dalam pendidikan Islam. Perbedaan dari kedua tokoh tentang konsep etika guru adalah Imam Al-Ghazali lebih menunjukkan sifat guru yang harus menjadi teladan dan memiliki sifat terbuka bagi anak didiknya. Sedangkan KH. Hasyim Asy’ari lebih menekankan seorang guru harus memiliki hati yang bersih dalam mengajar dan sangat menjaga kewibawaannya sebagai seorang guru. Sedangkan persamaan yang harus muncul yaitu Imam Al-Ghazali dan KH. Hasyim Asy’ari sama-sama menganjurkan seorang guru untuk memiliki kasih sayang kepada anak didiknya, mengingatkan anak didiknya akan tujuan menuntut ilmu tidak hanya untuk keperluan duniawi semata, mencegah anak didiknya agar tidak terjerumus pada akhlak tercela, menganjurkan muridnya untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, menyampaikan materi pelajaran sesuai dengan kemampuan anak didiknya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Lazuardi, M.Ag dan Hamidah, M.Pd |
| Keywords: | Etika; Guru; Pendidikan Islam; Imam Al-Ghazali; KH. Hasyim Asy’ari |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 08:42 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 08:42 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
