Harahap, Sri Rahayu (2025) تعليم مهارة الكتابة اللغة العربية في المدرسة العالية دار السلام كمبونج بانجير مقاطعة بادانج لاواس الشمالية. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2020400048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang Penelitian ini adalah Banyaknya siswa kelas X di MAS Darussalam Kampung Banjir Kabupaten Padang Lawas Utara yang cenderung kurang lancar atau kesulitan keterampilan menulis bahasa Arab.Sedangkan guru mengajar dengan menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis di MAS Darussalam kampung banjir Kabupaten Padang Lawas Utara dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami siswa terhadap keterampilan menulis di MAS Darussalam Kampung Banjir Kabupaten Padang Lawas Utara. Jenis Penelitian ini adalah Kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, Observasi, Dokumentasi. Adapun kajian teori yang dibahas dalam penelitian ini tentang pembelajaran keterampilan menulis yang mana pembelajaran adalah proses interaksi antara pendidik dan psesrta didik dengan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar untuk mencapai tujuan pendidikan, sedangkan keterampilan menulis adalah keterampilan dalam mengungkapkan gagasan, ide melalui tulisan dengan jelas dan efektif. Hasil dari penelitian ini adalah Dalam proses pembelajaran keterampilan menulis, memperjelas mata pelajaran yang dipelajari siswa, mampu membedakan antara pengucapan dan kemampuan membaca, menginformasikan kepada siswa tujuan pembelajaran, dan mengajar menulis dalam waktu yang cukup. Dalam proses pembelajaran ini, siswa menyalin huruf, menyalin kata, menulis kalimat sederhana, menulis bagian kalimat dalam teks atau percakapan. Kendala yang dihadapi siswa kelas sepuluh dalam mempelajari keterampilan menulis di Sekolah Menengah Atas Darussalam Kampung Banjir meliputi bunyi bahasa dengan menghubungkan huruf-huruf yang bisa atau tidak bisa mereka hubungkan, keterbatasan metode, keterbatasan buku, keterbatasan waktu, kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan dan kurangnya kosakata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masih ada dari beberapa siswa di madrasah ini kurang mampu dalam keterampilan menulis bahasa arab da nada juga dari beberapa siswa yang masih kurang menguasi kosa kata, dan disekolah ini juga bukunya masih terbatas.Sarannya khusus guru bahasa Arab untuk mengembangkan kurikulum dan metode pembelajaran yang diterapkan pada siswa saat menyampaikan materi dikelas, guru juga perlu memilih kurikulum dan metode yang baik agar siswa dapat dengan mudah memahami pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Muhammad Yusuf Pulungan, M.A dan Yunaldi, S.Pd.I., M.Pd |
| Keywords: | Pembelajaran; Keterampilan; Menulis; Bahasa Arab; MAS Darussalam Kampung Banjir; Kabupaten Padang Lawas Utara |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021404 Maharat al-Kitabah (Writing Skill) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 07:57 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 07:57 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
