Dalimunthe, Pelisa Marito (2025) Analisis strategi komunikasi pemasaran PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2040100115.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi meningkatnya jumlah nasabah funding nasabah PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga mulai 2020-2023. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat Kota Sibolga terhadap PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga sangat baik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Adapun jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang datanya dihimpun melalui metode wawancara dengan karyawan bagian marketing Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga dan nasabah nasabah Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga yaitu Periklanan, seperti membuat berita surat kabar dimetro tapanuli dan republika Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Promosi penjualan dengan mamanfaatkan momen-momen tertentu seperti dihari jadi Bank Sumut menjelang hari raya idul fitri dan tahun ajaran baru. Selain itu Bank Sumut melakukan strategi pemasaran dengan bentuk hubungan masyarakat dan publisitas yaitu mendirikan stand diacara bazar diselenggarakan oleh pemerintah daerah. Pemasaran langsung dengan menghadiri pengajian, sekolah-sekolah, puskesmas, kantor dinas, dan rumah sakit yang ada di Kota Sibolga. Dalam rangka menawarkan produk-produk Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga menggunakan metode word of mouth yaitu dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Dengan harapan nasabah tersebut akan menceritakan kepada nasabah yang lain
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dra. Hj. Replita, M.Si dan Adanan Murroh Nasution, M.A |
| Keywords: | Strategi Komunikasi; Pemasaran; PT. Bank Sumut; Cabang Syariah Sibolga |
| Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:07 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:07 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
