Hasibuan, Alvina Dama Yanti (2025) Pengaruh experiential marketing dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Sumut cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140100062.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Padangsidimpuan Experiential marketing dapat diartikan sebagai pendekatan pemasaran yang melibatkan emosi dan perasaaan konsumen dengan menciptakan pengalaman-pengalaman positif yang tidak terlupakan sehingga konsumen menjadi lebih antusias dan berkomitmen pada produk atau layanan yang ditawarkan. Kepuasan nasabah merupakan perasaan senang dan bangga yang disebabkan oleh adanya kesesuaian antara ekspektasi nasabah dengan realita yang dirasakan setelah menerima produk dan jasa yang ditawarkan, namun pada kenyataanya Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan belum mampu meningkatkan loyalitas nasabah serta kepuasan nasabah untuk menabung atau bertransaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Experiential Marketing dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari responden melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan berjumlah 6.101 nasabah. Sampel pada penelitian ini sebanyak 99 responden. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel experiential marketing berpengaruh positif dan siginifikan dengan nilai T-statistik 5,995 > 1,96 dan nilai siginifikansi 0,000 < 0,5. Dan variabel kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikansi dengan nilai T-statistik 3,265 > 1,96 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,5. Implikasi teoritis dalam penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing dan kepuasan nasabah cenderung meningkatkan pengalaman nasabah saat bertransaksi dan merasa puas saat menjadi nasabah di Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan, sedangkan implikasi praktis dalam penelitian ini menunjukkan penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan untuk penelitian selanjutnya yang ingin meneliti variabel yang sama agar menjadi acuan diwaktu yang akan datang
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Prof.Dr.Darwis Harahap, S.H.I.,M.Si dan Nur Mutiah,M.Si |
| Keywords: | Experiential marketing; Kepuasan nasabah; Loyalitas nasabah; PT. Bank Sumut cabang Syariah Padangsidimpuan |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Mrs. Zura idah |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 06:16 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 06:16 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
