Fitri, Marisa (2025) Pengaruh faktor rasional dan faktor emosional terhadap keputusan nasabah dalam memilih jasa perbankan syariah: studi kasus Pasar Gelugur Kel. Sirandurung Rantau Prapat Kec. Rantau Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140100029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Faktor rasional adalah pertimbangan yang didasarkan pada logika, data, dan analisis objektif dalam proses pengambilan keputusan. Dalam konteks perilaku konsumen, faktor rasional mencakup aspek-aspek yang dapat diukur secara konkret, seperti harga, kualitas produk atau layanan, efisiensi, keuntungan finansial, kemudahan akses, dan informasi yang jelas. Sedangkan faktor emosional adalah pertimbangan yang didasarkan pada perasaan, nilai pribadi, pengalaman, dan hubungan emosional dalam proses pengambilan keputusan. Tidak seperti faktor rasional yang bersifat logis dan objektif, faktor emosional lebih subjektif dan berkaitan dengan aspek psikologis konsumen. Dalam penelitian ini pengaruh faktor rasional dan faktor emosional dalam memilih jasa bank syariah berkaitan dengan pertumbuhan perekonomian nasabah serta pendapatan yang di dapat dalam perbulan. Nasabah yang mempertimabangkan pendapatan serta pengeluaran dalam perbulan, tidak akan menghadapi faktor rasional dan emosional atau tergesa-gesa dalam memilih jasa perbankan syariah dan tidak terjadi penunggaan pembayaran yang berujung pada penyitaan bank. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 400 pedagang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 nasabah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan angket/kuisioner kepada 80 responden. Dengan memakai rumus slovin dan menggunakan SPSS 23 Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, dan uji siknifikansi persial (uji t), uji koefisien determinasi (uji R2 ).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dra.Hj.Replita, M.Si. dan Ya’ti Ikhwani Nasution,M.E |
| Keywords: | Faktor rasional; Faktor emosional; Keputusan nasabah; Jasa; Perbankan syariah; Pasar Gelugur; Kel. Sirandurung Rantau Prapat; Kec. Rantau Utara |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Mrs. Zura idah |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 06:02 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 06:02 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
