Sari, Nia Okta (2018) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih produk Arrum Usaha Mikro di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 401 00196.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh kondisi jumlah nasabah pengguna Arrum Usaha Mikro yang mengalami fluktuasi setiap tahunnya selama periode 2015-2017. Dimana pada tahun 2015-2016 jumlah nasabah menurun sebesar 33,33%, sedangkan pada tahun 2017 jumlah nasabah hanya meningkat sebesar 13,15%. Oleh karena fluktuasi tersebut tentu ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih produk Arrum Usaha Mikro sehingga jumlah nasabah setiap tahunnya menggalami perubahan tidak cendrung ke arah peningkatan yang berubah-ubah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh promosi dan pelayanan terhadap keputusan nasabah memilih produk Arrum Usaha Mikro di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan pelayanan terhadap keputusan nasabah memilih produk Arrum Usaha Mikro di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Teori dalam penelitian ini berkaitan yaitu tentang pemasaran dalam hal faktor promosi dan pelayanan terhadap keputusan nasabah memilih produk. Proses pengambilan keputusan yang diawali dengan pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan menggunakan, serta perilaku sesudah pembelian. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket, dengan jumlah sampel 58 responden yang diambil dari populasi 138 responden. Selanjutnya pengolahan data yang dilakukan dengan SPSS Versi 23. Uji yang dingunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), uji regresi linear berganda, Uji hipotesis (uji t dan uji F) dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel Promosi (X1), terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan nasabah dalam memilih Arrum Usaha Mikro, terlihat dari thitung > ttabel yaitu sebesar 1,789 ˃ 1,673. Variabel Pelayanan (X2), terdapat pengaruh pelayanan terhadap keputusan nasabah, terlihat dari thitung > ttabel yaitu sebesar 2,727 > 1,673. Sedangkan secara simultan, variabel promosi dan pelayanan secara bersama-sama terdapat pengaruh terhadap keputusan nasabah, terlihat pada hasil Fhitung = 4,579 dan Ftabel = 2,40 dimana Fhitung > Ftabel atau 4,579 > 2,40.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rosnani Siregar, M.Ag dan H. Ali Hardana, M. Si |
Keywords: | Keputusan Nasabah; Produk Arrum Usaha Mikro |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 02 Apr 2020 04:09 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 02:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/128 |
Actions (login required)
View Item |