Siregar, Annisa Mei Rina (2025) Penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V pada materi sistem pencernaan manusia di SD Negeri 200108/12 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2020500221.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Pe.ne.litian ini be.rtujuan untuk me.ningkatkan hasil be.lajar siswa pada mate.ri siste.m pe.nce.rnaan manusia me.lalui pe.ne.rapan me.tode. pe.mbe.lajaran Role. Playing di ke.las V SD Ne.ge.ri 200108/12 Padangsidimpuan. Masalah yang dihadapi pada pe.ne.litian ini adalah re.ndahnya hasil be.lajar siswa pada mata pe.lajaran IPA. Be.rdasarkan obse.rvasi awal, dike.tahui bahwa banyak siswa yang be.lum me.ncapai Krite.ria Ke.tuntasan Minimal (KKM). Ole.h kare.na itu, pe.ne.litian ini dilaksanakan de.ngan me.nggunakan mode.l pe.mbe.lajaran Role. Playing, yang diharapkan dapat me.ningkatkan pe.mahaman siswa te.rhadap mate.ri yang diajarkan. Me.tode. yang digunakan dalam pe.ne.litian ini adalah Pe.ne.litian Tindakan Ke.las (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Se.tiap siklus te.rdiri dari dua pe.rte.muan yang dilakuakan dengan ke.giatan pe.mbe.lajaran aktif, di mana siswa memerankan dalam drama atau pe.ran te.rkait siste.m pe.nce.rnaan manusia. Data yang dikumpulkan me.liputi hasil te.s siswa, le.mbar obse.rvasi aktivitas siswa dan guru, se.rta re.fle.ksi yang dilakukan se.tiap siklus. Hasil pe.ne.litian me.nunjukkan bahwa ada pe.ningkatan signifikan pada hasil be.lajar siswa, di mana pe.rse.ntase. siswa yang tuntas pada siklus I me.ncapai 69,23%, dan pada siklus II me.ningkat me.njadi 84,61%. Se.lain itu, aktivitas guru dan siswa juga me.ngalami pe.ningkatan, de.ngan pe.rse.ntase. ke.tuntasan aktivitas guru pada siklus II me.ncapai 100%. Dari hasil te.rse.but, dapat disimpulkan bahwa pe.nggunaan me.tode. Role. Playing e.fe.ktif dalam me.ningkatkan hasil be.lajar siswa, khususnya pada mate.ri siste.m pe.nce.rnaan manusia. Me.skipun de.mikian, masih te.rdapat be.be.rapa ke.ndala, se.pe.rti pe.nge.lolaan waktu yang pe.rlu dipe.rbaiki le.bih lanjut. Pe.ne.litian ini me.mbe.rikan re.kome.ndasi untuk pe.ne.rapan me.tode. Role. Playing se.bagai alte.rnatif pe.mbe.lajaran yang dapat me.ningkatkan partisipasi aktif siswa dalam prose.s pe.mbe.lajaran
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd |
| Keywords: | Hasil belajar; IPA; Pembelajaran; Penelitian tindakan kelas,; Role playing; Sistem pencernaan manusia |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 02:56 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 02:56 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12756 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
