Siregar, Sawal (2025) Pengaruh kualitas layanan dan ketersediaan fitur BSI Mobile terhadap efisiensi pembayaran ZISWAF. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140100041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ekonomi global yang pesat dengan tantangan berupa kesenjangan ekonomi, kemiskinan, ketidakmerataan distribusi kekayaan, pengangguran, dan permasalahan lainnya. Forum internasional seperti Word Zakat and Waqf Forum (WZWF) menyoroti potensi ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf) sebagai solusi atas tantangan global tersebut. Indonesia, dengan populasi muslim yang besar, memiliki potensi besar dalam pengumpulan dan penyaluran dana ZISWAF melalui platform digital, termasuk layanan perbankan syariah seperti BSI Mobile. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan ketersediaan fitur BSI Mobile terhadap efisiensi pembayaran ZISWAF. Kualitas layanan adalah bentuk kemudahan, kecepatan, kemanansuatu aplikasi dalam menjalankan keinginan seseorang sehingga sesuai dengan keinginan dan kemauan pengguna. Ketersediaan fitur merupakan keberadaan atau kesiapan suatu fasilitas atau sarana yang ada pada aplikasi, fitur harus mengarah pada kemampuannya dalam menjalankan fungsinya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode statistik SPSS versi 23. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah sampel 53 orang. Data dikumpulkan dari dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: variabel Kualitas Layanan (X1) berpengaruh positif terhadap Efisiensi Pembayaran ZISWAF (Y). Variabel Ketersediaan Fitur (X2) tidak berpengaruh positif terhadap Efisiensi Pembayaran ZISWAF (Y). Sedangkan secara bersama-sama (simultan) variabel Kualitas Layanan (X1) dan variabel Ketersediaan Fitur (X2) berpengaruh terhadap Efisiensi Pembayaran ZISWAF (Y). Kualitas layanan menjadi faktor yang paling dominan mempengaruhi efisiensi pembayaran ZISWAF.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Sarmiana Batubara, M.A dan Indah Sari, M.E |
| Keywords: | Kualitas layanan; Fitur BSI Mobile; Efisiensi pembayaran ZISWAF |
| Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 02:48 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 02:48 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
