Harahap, Arni Saima Putri (2025) Pengaruh Penggunaan QRIS dan kepercayaan konsumen terhadap aksesibilitas usaha pada pelaku UMKM di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140100137.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Aksesibilitas Usaha merupakan kemudahan dan kemampuan pelaku usaha khususnya UMKM dalam menjangkau pasar pelanggan dan berbagai layanan secara efektif dan efisien. Meningkatnya adopsi teknologi digital dalam transaksi keuangan, QRIS diharapkan dapat mempermudah pelaku usaha. Kepercayaan konsumen juga menjadi faktor utama yang mempengaruhi keputusan transaksi dan keberlangsungan usaha. Teori yang digunakan pada penelitian ini didasarkan pada konsep penggunaan QRIS sebagai inovasi teknologi dan kepercayaan konsumen sebagai faktor penentu adopsi teknologi sehingga kedua variabel ini diyakini dapat mendukung keberhasilan dan aksesibilitas usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari angket dan wawancara yang dikumpulkan secara langsung dengan proses pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan 90 responden pelaku UMKM di pasar Sangkumpal Bonang kota Padangsidimpuan yang telah menggunakan QRIS dalam usahanya. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji instrumen: uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik: uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, serta uji hipotesis: uji regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan uji koefisien determinasi (uji R) dengan bantuan perangkat lunak SPSS Versi 26. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan QRIS berpengaruh terhadap aksesibilitas usaha pada pelaku UMKM dengan thitung > ttabel, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap aksesibilitas usaha pada pelaku UMKM dengan thitung > ttabel. Secara simultan penggunaan QRIS dan kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap aksesibilitas usaha pada pelaku UMKM dengan nilai Fhitung > Ftabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel independen yaitu penggunaan QRIS dan kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu aksesibilitas usaha. Penelitian ini meyarankan agar pelaku UMKM lebih aktif menggunakan QRIS dan meningkatkan kepercayaan konsumen melalui pelayanan yang transparan dan terpercaya dengan dukungan pemerintah dalam pengembangan sistem pembayaran digital seperti QRIS.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Sry Lestari,M.E.I dan Assa’adatul Khairiyahtussolihah, M.Ak |
| Keywords: | Penggunaan QRIS; Kepercayaan konsumen; Aksesibilitas usaha; Pelaku UMKM; Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan |
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Mrs. Zura idah |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 04:44 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:40 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12721 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
