Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh motivasi dan emosional terhadap keputusan pedagang menabung pada bank syariah

Hasibuan, Siti Namora (2025) Pengaruh motivasi dan emosional terhadap keputusan pedagang menabung pada bank syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2140100079.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Preferensi pedagang dalam memilih lembaga keuangan sering kali tidak hanya dipengaruhi oleh aspek syariah, tetapi juga oleh kenyamanan dan kebiasaan yang telah terbentuk. Mayoritas pedagang pada Pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan beragama Islam, tapi lebih banyak menggunakan bank konvensional, namun masih ada sebagian pedagang yang memilih bank syariah. Hal ini menunjukkan bahwa faktor agama saja tidak cukup sebagai faktor penentu dalam keputusan memilih bank, kemudian bank konvensional lebih sering dikenal pedagang baik dari sisi promosi maupun layanan yang diberikan. Namun, sebagian pedagang tetap memilih bank syariah. Ini menunjukkan kemungkinan adanya pengaruh dari faktor lain, seperti dorongan dari luar diri pedagang yang dapat mempengaruhi keputusan mereka, serta belum kuatnya rasa kepercayaan dan keamanan yang dirasakan oleh sebagian pedaganag terhadap bank syariah, sehingga memengaruhi keputusan mereka untuk menabung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan emosional terhadap keputusan pedagang menabung pada bank syariah di Pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan data yang dilakukan dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan angket kepada 90 responden. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 30. Teknik analisis data mencakup uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas dan heteroskedastisistas), regresi linier berganda serta uji hipotesis (uji parsial/t, uji simultan/F dan uji koefisien determinasi / R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi dan emosional berpengaruh positif terhadap keputusan menabung pada bank syariah dengan kontribusi sebesar 22,2% dan 77,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Replita, M.Si dan Arti Damisa, M.E.I
Keywords: Motivasi; Emosional; Pedagang; Menabung; Bank syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:20
Last Modified: 20 Oct 2025 07:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12650

Actions (login required)

View Item View Item