Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa di Kelas VIII MTs.S Al-Washliyah Aek Kota Batu Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara

Sagala, Zogi Sinta (2025) Peran guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa di Kelas VIII MTs.S Al-Washliyah Aek Kota Batu Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kenakalan siswa yang terlihat dilapangan sekolah, kenakalan siswa dapat di klarifikasıkan menjadi 3 bagian pertama, pelanggaran tata tertib yang ada di sekolah seperti terlambat datang ke sekolah, membawa HP, tidur dikelas, absen tanpa keterangan (bolos), berpakaian tidak rapi, dan ribut dikelas. Kedua, melanggar norma agama dan sosial, berpakaian ketat, berbicara kotor, tidak mengikuti sholat dzuhur berjamaah. Ketiga, pelanggaran hukum yaitu, perkalahian antar siswa dan merokok. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa dan Bentuk-bentuk kenakalan siswa Kelas VIII serta faktor penyebab terjadinya kenakalan siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menggambarkan fenomena yang terjadi disekolah. Adapun instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan kenakalan siswa di Sekolah MTs.S Al-Washliyah Aek Kota Batu masih cukup baik, akan tetapi masih ada siswa yang melanggar peraturan yang ditetapkan di sekolah dan masih memerlukan bimbingan yang lebih lanjut agar tercapainya tujuan yang diharapkan. Kenakalan siswa disebabkan beberapa faktor, seperti faktor lingkungan (masyarakat), faktor tempat tinggal (keluarga), faktor pertemanan dan lingkungan sekolah, sehingga guru di harapkan mampu mengatasi kenakalan siswa yang terjadi dengan cara mendekati siswa dan memberikan arahan yang positif. Kesimpulan penelitian ini yaitu Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa Seperti memberikan arahan kepada siswa sebelum memulai pelajaran, melakukan penguataan ibadah seperti solat berjamaah, melaksanakan sholat dhuha dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Guru memberikan nasehat dan motivası melalui pembelajaran yang di berikan agar siswa mau berbuat baik, guru merangkul dan mendekatkan diri kepada siswa agar siswa dapat menanamkan ajaran agama Islam dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Peran Guru; Pendidikan agama islam; Kenakalan siswa; Kelas VIII MTs.S Al-Washliyah; Aek Kota Batu; Kecamatan NA IX-X; Kabupaten Labuhanbatu Utara
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:40
Last Modified: 13 Oct 2025 08:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12587

Actions (login required)

View Item View Item