Ahpiyani, Sri (2025) Analisis tingkat kepuasan menggunakan Bank Syariah Indonesia (studi kasus pada mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2140100015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pada kenyataannya tidak semua mahasiswa KIP kuliah UIN Syahada Padangsidimpuan merasa puas menggunakan Bank Syariah Indonesia. Hal ini disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa dalam menggunakan Bank Syariah Indonesia seperti faktor fasilitas baik fasilitas fisik maupun fasilitas digital yang dapat digunakan oleh nasabah, faktor kemudahan penggunaan dan komunikasi interpersonal. Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti terhadap mahasiswa KIP UIN Syahada Padangsidimpuan angkatan tahun 2021 dan 2022 yang berjumlah 270 mahasiswa. 7 dari 10 mahasiswa yang diwawancarai menyatakan tidak puas menggunakan Bank Syariah Indonesia dan 3 lainnya menyatakan biasa saja. Kurangnya pemahaman mahasiswa tentang penggunaan BSI mobile secara optimal menjadi salah satu alasan kepuasan mahasiswa dan karena tidak adanya komuniaksi interpersonal yang diberikan oleh pihak bank terhadap mahasiswa KIP pada saat pembagian buku dan kartu rekening terkait informasi mengenai produk tabungan yang dipakai, seperti manfaat dan informasi lainnya. Mahasiswa KIP merupakan nasabah loyal di Bank Syariah Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas, kemudahan pengguanan dan komunikasi interpersonal terhadap kepuasan mahasiswa KIP menggunakan Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik stratified random sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Jumlah sample penelitian ini adalah 73 sample. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan wawancara. Pengolahan data menggunakan smart PLS versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan nasabah hasil uji memperoleh nilai P-Value yang lebih kecil dari nilai signifikansi, kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah karena hasil uji nilai nilai P-Value yang lebih besar dari nilai signifikansi, komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap kepuasan nasabah diperoleh nilai P-Value yang lebih kecil dari nilai signifikansi. Dan hasil uji simultannya diperoleh keputusan bahwa berpengaruh secara signifikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A dan Lismawati Hasibuan,M.Si. |
Keywords: | Analisis tingkat kepuasan; Menggunakan Bank Syariah Indonesia; (studi kasus pada mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar) |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani, S.IP |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:47 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 03:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |