Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis pengaruh Social Media Marketing (SMM) dan brand image terhadap loyality intention di Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan

Siregar, Sumipa (2024) Analisis pengaruh Social Media Marketing (SMM) dan brand image terhadap loyality intention di Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040100132.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Dalam era digital saat ini, social media marketing telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif dan populer di kalangan perusahaan, termasuk bank syariah. Bank syariah Indonesia KC Padangsidimpuan, sebagai salah satu institusi keuangan syariah yang beroperasi di Indonesia, juga telah menggunakan social media marketing dan mempertimbangkan brand image sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran dan loyalitas pelanggan terhadap mereknya. beberapa tahun terakhir, Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan telah meningkatkan penggunaan social media marketing sebagai bagian dari strategi pemasarannya. Mereka telah menggunakan platform-platform seperti Facebook dan Instagram untuk berinteraksi dengan pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan juga selalu mengedepankan citranya dalam memasarkan produk agar brand image yang dimiliki semakin baik. meskipun Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan telah menggunakan social media marketing, masih banyak yang tidak jelas tentang bagaimana pengaruhnya terhadap loyality intention pelanggan. Loyality intention adalah tingkat kesadaran pelanggan bahwa mereka akan terus menggunakan produk atau jasa suatu merek di masa depan. Dalam konteks bank syariah, loyality intention sangat penting karena dapat meningkatkan keuntungan dan stabilitas bisnis. Tetapi para nasabah belum banyak yang bertahan menggunakan pelayanan produk di BSI KC Padangsidimpuan, sedangkan dilihat dari usaha yang dilakukan oleh BSI KC Padangsidimpuan sudah maksimal dengan melakukan social media marketing, bahkan brand image pun sudah tergolong memiliki citra yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media marketing (SMM) dan brand image terhadap loyality intention di Bank Syariah Indonesia Kc Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 99 nasabah bank. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi berganda untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyality intention di Bank Syariah Indonesia Kc Padangsidimpuan, dan brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyality intention di Bank Syariah Indonesia Kc Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Utari Evy Cahyani, M.M dan M. Yarham, M.H
Keywords: Social Media Marketing (SMM); Brand image; Loyality intention; Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 08 Aug 2025 10:30
Last Modified: 08 Aug 2025 10:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12535

Actions (login required)

View Item View Item