Siregar, Munardi (2025) Strategi Customer Service (CS) dan Customer Relationship Management (CRM) dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan makbul. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040100164.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Bank sebagai lembaga keuangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengkomunikasikan setiap produk yang ditawarkannya. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga terus berupaya meningkatkan layanan dengan produlk Tabungan IB Makbul. Produk ini, berdasarkan prinsip syariah dan akad wadiah Yad Dhamanah. Bank Sumut Syariah tellah memperolelh kepercayaan masyarakat untulk dana haji. Namun, untulk meningkatkan jumlah nasabah tabungan makbull, Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga menghadapi berbagai tantangan, termasulk persaingan ketat, perkembangan telknologi, perulbahan perilaku konsumen, serta kelbijakan domestik dan internasional yang perlu dipertimbangkan dalam merancang strategi. Meski persaingan dan minat haji meningkat, jumlah nasabah tabungan Makbull di Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga justru menurun. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Customer Service dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan Makbul pada Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga dan bagaimana strategi Customer Relationship Management dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan Makbul pada Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah customer service, branch manager dan 10 nasabah yang menggunakan produlk Tabungan IB Makbull Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga dengan menggunakan teknik mengolah data menggunakan Nvivo. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Customer Service (CS) dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan makbul yaitu dengan Pemasaran Berkelanjutan, Pemasaran Individual, Sosialisasi dan Kemitraan, Pengembangan SDM, Efektivitas Operasional, dan Evaluasi Kinerja. Sedangkan Strategi Customer Relationship Management (CRM) dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan makbul yaitu dengan Peningkatan Kualitas Hubungan Nasabah, Peran Teknologi dalam Menjaga Hubungan Nasabah, Segmentasi dan Pelayanan Khusus: Inovasi dalam Pelayanan Nasabah, Komunikasi dengan Nasabah, Strategi Aliansi Eksternal (Kemitraan), Adaptasi Teknologi dalam Pelayanan, Pengembangan Karyawan: Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pelatihan Berkala, Layanan Khusus Nasabah (Program Manasik Haji Gratis)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I |
Keywords: | Strategi Customer Service (CS); Customer Relationship Management (CRM); Nasabah tabungan makbul |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:22 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:22 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |