Nurhalimah, Nurhalimah (2024) Analisis implementasi strategi pemasaran produk pembiayaan dengan prinsip bagi hasil pada Bank Syariah Indonesia Kc Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040100097.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Bank Syaiah Indonesia KC Padangsidimpuan merupakan kantor cabang Bank Syariah Indonesia. Berawal dari nasabah pembiayaan bagi hasil jumlah nasabah pada pembiayaan muḍhᾱrabah 4 tahun trakhir mengalami penurunan pada tahun 2019 nasabah pembiyaan menurun jumlah keseuruhan sebanyak 300 nasabah, pada tahun 2020 terjadi penurunan jumlah keseluruhan 100 nasabah, pada tahun 2021 nasabah pembiayaan meningkat hingga 250 nasabah dan pada tahun 2023 nasabah pembiayaan meningkat hingga 300 nasabah. Ini menunjukkan bahwa stategi pemasaran yang digunakan belum cukup efektif untuk menarik minat calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan muḍhᾱrabah Maka dari itu bank perlu memecahkan permasalahan dengan merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk dijalankan. Setiap perusahan dapat mengembangkan strategi untuk mengatasi ancaman external dan merebut peluang yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research), menggunakan metode deskriptif untuk menjawab rumusan masalah yaitu postpositivstik, subjek penelitian ini adalah sebanyak 6 karyawan Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan menggunakan teknik mengolah data menggunakan Nvivo. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu obserpasi, wawancara, dokumentas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dengan diterapkannya pemasaran produk pembiayaan dengan prinsip bagi hasil sangat membantu pihak BSI untuk mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan serta kepuasaan pelayanan nasabah. Membangun hubungan dengan nasabah adalah suatu hal sangat penting bagi setiap perusahaan karena nasabah atau pelanggan merupakan aset yang sangat perlu bagi Perusahaan agar tetap eksis, unggul dalam bersaing dunia industri perbankan. Bahkan BSI selalu mengikuti perkembangan zaman agar siap bersaing dengan bank yang di padangsidimpuan. Strategi keunggulan bersaing melalui digitalisasi layanan produk sangat berpengaruh dalam mempertahankan nasabah dan meningkatkan jumlah nasabah pada Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan sesuai dengan produk-produk yang telah disediakan oleh BSI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Ananda Anugrah Nasution |
Keywords: | Analisis; Implementasi; Strategi pemasaran; Produk pembiayaan; Bagi hasil; Bank Syariah; Indonesia; Kc Padangsidimpuan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 14:21 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 14:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12224 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |