Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPS Kelas V SD Negeri 100202 Napa Kecamatan Angkola Selatan

Majid, Abdul (2024) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPS Kelas V SD Negeri 100202 Napa Kecamatan Angkola Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500262.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS Kelas V SD Negeri 100202 Napa Kecamatan Angkola Selatan. Hal ini dilihat dari hasil rata-rata nilai ulangan siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 100202 Napa Kecamatan Angkola Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 100202 Napa Kecamatan Angkola Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas V SD Negeri 100202 Napa Kecamatan Angkola Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 100202 Napa Kecamatan Angkola Selatan tepatnya di kelas V. Adapun instrumen pengumpulan data berupa soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 100202 Napa Kecamatan Angkola Selatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa mulai dari siklus I sampai dengan siklus II dengan persentase ketuntasan 50 % sampai 85% dengan perolehan nila rata-rata 68,3 hingga 85,9.Dengan demikian, penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Nashran Azizan, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL); Hasil belajar; IPS; Kelas V; SD Negeri 100202 Napa; Kecamatan Angkola Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Jun 2025 08:58
Last Modified: 11 Jun 2025 08:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12188

Actions (login required)

View Item View Item