Wahyuni, Risa Rizki (2024) Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan siswa SDN 200207 di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500154.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru sekolah masih aaerpusat pada guru, dimana guru menggunakan metode ceramah hal ini mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran. Untuk itu diperlukan metode yang dapat membuat siswa aktif dalam proses belajar mengajar salah satunya dengan menerapkan model think pair share. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada materi Norma-Norma Sosial di kelas V SDN 200207 Kota Padangsidimpun, untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran think pair share pada materi Norma-Norma Sosial. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK), penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan adalah dengan mencapai rata-rata kelas (mean) dan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada nilai rata-rata siswa pra siklus adalah 58 dengan presentase 20%, kemudian pada siklus I pertemuan pertama hanya terjadi peningkatan di nilai rata-rata kelas menjadi 70, sedangkan nilai ketuntasan masih tetap pada presentasi 40%, selanjutnya pada pertemuan 2 siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 73 dengan presentasi ketuntasan 50%, selanjutnya pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata siswa juga mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata siswa mencapai 74,5 dengan presentasi ketuntasan 65%. Dan pada siklus II pertemuan ke-2 juga hasil belajar siswa terdapat peningkatan dimana nilai rata-rata siswa adalah 86 dengan presentasi ketuntasan 85%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 200207 Kota Padangsdimpuan, untuk disarankan pada guru untuk menerapkan metode pembelajaran ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Hamidah, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
Keywords: | Model Pembelajaran; Think pair share; Hasil belajar; Pendidikan Pancasila; Kewarganegaraan; Siswa; SDN 200207; Kota Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani |
Date Deposited: | 23 May 2025 08:09 |
Last Modified: | 27 May 2025 07:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12155 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |