Hasibuan, Riska Meidinah (2024) Pengaruh teknologi informasi, kualitas pelayanan, dan motif religius terhadap kepuasan nasabah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040100190.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kepuasan Nasabah bahwa perasaan senang atau kecewa yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja atau hasil produk dan harapan dari nasabah dapat terpenuhi, dengan adanya Teknologi Informasi nasabah akan merasa mudah dan cepat untuk melakukan transaksi. Kualitas pelayanan yang baik dengan bersikap ramah dan bisa memberikan solusi terhadap masalah yang di hadapi nasabah. Motif Religius dengan pengetahuan agama yang dimilki nasabah dan mayoritas beragama islam sehingga memilih untuk menggunakan jasa bank syariah, namun persoalannya yaitu berbeda dengan di lapangan bahwa nasabah tidak merasa puas terhadap jasa bank syariah. Ketika nasabah mentransfer uang dengan menggunakan mobile banking terjadi error permintaan kehabisan waktu sehingga membuat nasabah khawatir dan merasa tidak puas dan pelayanan penanganan terhadap kartu ATM yang lama sehingga membuat nasabah merasa tidak puas. Penelitian ini menguji pengaruh teknologi informasi, kualitas pelayanan dan motif religius terhadap kepuasan nasabah. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah teknologi informasi, kualitas pelayanan, dan motif religiusitas terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian yang diteliti sebanyak 100 nasabah. Analisis penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan dengan bantuan software SPSS Versi 25. Hasil penelitian uji hipotesis nilai adjust R squarenya bahwa variabel teknologi informasi, kualitas pelayanan, dan motif religius berpengaruh terhadap kepuasan nasabah sebesar 24,4%. Sedangkan sisanya 75,6% dipengaruhi variabel lain di luar cakupan penelitian. Maka dapat disimpukan bahwa Teknologi Informasi, Kualitas Pelayanan, dan Motif Religius berpengaruh Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rini Hayati Lubis, M.P dan Risna Khairani Sitompul, MM |
Keywords: | Teknologi informasi; Kualitas pelayanan; Motif religious; Kepuasan nasabah |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080611 Information Systems Theory 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:41 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12154 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |