Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) keripik sambal khas Sibolga

Panggabean, Nurhaida Fitri (2024) Strategi pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) keripik sambal khas Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Sejak berdirinya usaha UMKM keripik sambal khas Sibolga sudah mengalami perkembangan dengan ditandai adanya cabang-cabang baru dan hadirnya pengusaha-pengusaha baru dengan produk sejenis yang berkontribusi dengan pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UKM Ketenagakerjaan Kota Sibolga. Namun, fasilitas yang tersedia seperti kualitas produk dan kemasan produk yang terlalu polos kurang memadai dengan jumlah pengusaha yang semakin banyak menyebabkan tingginya persaingan yang dapat merugikan dan mengurangi keuntungan pelaku UMKM. Mengingat pelaku UMKM keripik sambal khas Sibolga didukung oleh pemerintah, harusnya UMKM dapat mengembangkan strategi pengembangan yang lebih efektif dan berkelanjutan untuk bertahan di tengah persaingan yang ketat tetapi juga membuka peluang untuk berkembang dan meraih kesuksesan jangka panjang. Tujuan dari penelitain ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan pengusaha dalam mengembangkan produk UMKM keripik sambal khas Sibolga di tengah persaingan dan untuk mengetahui strategi yang dilakukan Dinas Koperasi UKM Ktetenagakerjaan dalam membantu pengembangan Produk keripik sambal khas Sibolga, serta kendala apa saja yang dihadapi pelaku UMKM dalam pengembangan usaha. Jenis penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah para pelaku UMKM keripik sambal khas Sibolga yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM Ketenagakerjaa Kota Sibolga. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan deskripsi data, reduksi data, dan seleksi data. Cara yang digunakan untuk menjamin keabsahan penelitian diperoleh melalui triangulasi yaitu triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku UMKM keripik sambal khas Sibolga mendapatkan fakta yaitu dalam strategi pengembangan usaha, campur tangan pemerintah terhadap pelaku usaha sangat memberikan manfaat yang signifikan bagi pengusaha kecil terutama dalam hal pengembangan produk, hal itu terbukti dengan adanya cabang usaha-usaha baru di Kota Sibolga serta konsumen keripik sambal khas Sibolga sudah terkenal di luar daerah Sibolga seperti di daerah-daerah Sumatera Utara dan di luar provinsi seperti Kota Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Dr. Utari Evy Cahyani, S.P., M.M.
Keywords: Strategi pengembangan; Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM); Keripik sambal khas Sibolga
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 23 May 2025 08:03
Last Modified: 23 May 2025 08:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12147

Actions (login required)

View Item View Item