Lestari, Suci (2025) Evaluasi kualitas pelayanan perbankan syariah di era digitalisasi: Studi kasus Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040100072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan adalah salah satu bank yang berbasis syariah yang terletak di Padangsidimpuan. Memberikan kepuasan kepada nasabah, Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan terus meningkatkan kualitas layanan-nya melalui layanan digital yang terus berkembang. Bank malakukan pengembangan layanan melalui digitalisasi yang lebih fleksibilitas serta nyaman untuk nasabah. Nasabah sekarang berkeinginan agar suatu pelayanan itu memiliki kecepatan dan juga kenyamanan, meskipun bank menerapkan aplikasi digital yang baru diaplikasikan oleh Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan akan tetapi masih banyak nasabah yang memiliki kendala terhadap nasabah yang belum memiliki kepercayaan terhadap perusahaan. Dari perkembangan teknologi yang semangkin canggih juga menyebabkan sebagian nasabah belum siap menerima digitalisasi dalam setiap melakukan transaksi. Tujuan penelitian untuk mengetahui evaluasi kualitas pelayanan dan hambatan dalam meningkatkan kualitas layanan Bank Sumut Cabang Syariah diera digitalisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 3 pegawai bank dan 6 nasabah Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dengan menggunakan teknik mengolah data menggunakan Nvivo. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumntasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Layanan digital yang diberikan oleh Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan mendapatkan nilai positif dari nasabah. Adapun hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan system digital seperti kendala teknis yang terjadi seperti gangguan jaringan. Namun pihak Bank terus berupaya untuk terus berinovasi dan memberikan edukasi kepada nasabah terkait dengan layanan digital yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Idris Saleh, S.E.I.,M.E |
Keywords: | Evaluasi; Kualitas pelayanan; Perbankan syariah; Era digitalisasi; Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:35 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |