Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 17 Bilah Barat Labuhanbatu

Nasution, Nur Azizah (2024) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 17 Bilah Barat Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500161.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan belum optimal dan siswa kurang tertarik dengan proses pembelajaran. Maka, perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajararan Problem Based Learning dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 17 Bilah Barat Labuhanbatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PBL akan dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi di SDN 17 Bilah Barat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 17 Bilah Barat Labuhanbatu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada prasiklus rata-rata 50 dan ketuntasan sebesar 25% (5 dari 20 siswa). Pada siklus I pertemuan I menjadi skor rata-rata siswa 57,5 dan ketuntasan sebesar 35% (7 dari 20 siswa). Pada siklus I pertemuan II rata-rata siswa 64,5 dan ketuntasan sebesar 45% (9 dari 20 siswa). Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa 75 dan ketuntasan siswa sebesar 70% (14 dari 20 siswa). Sedangkan siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa 81,5 dan ketuntasan siswa 85% (17 dari 20 siswa). Dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 17 Bilah Barat Labuhanbatu. Untuk penelitian selanjutnya peneliti berharap agar proses pembelajaran lebih di tingkatkan agar tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdusima Nasution, M.A dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran; Problem Based Learning (PBL); Hasil belajar; Siswa; IPA; Kelas IV SD Negeri 17; Bilah Barat Labuhanbatu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 23 May 2025 07:55
Last Modified: 23 May 2025 07:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12134

Actions (login required)

View Item View Item