Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran produk cicil emas di Bank Syariah KC. Padangsidimpuan

Rizky, Nurmila (2024) Analisis strategi pemasaran produk cicil emas di Bank Syariah KC. Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040100057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kenaikan harga emas membuat sebagian masyarakat ingin memiliki emas, dan sebagian lainnya tidak karena terbebani dengan harganya yang cukup mahal. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari staff bagian produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia KC. Padangsidimpuan dari tahun 2021 hingga tahun 2024, terlihat bahwa jumlah berat Emas pada produk cicil Emas mengalami fluktuasi. Pada tahun 2021 terdapat 290 Nasabah dan berat Emas 9521 gram, kemudian mengalami penurunan menjadi 254 Nasabah dan berat Emas 8759 gram pada tahun 2022, meningkat kembali menjadi 287 Nasabah dan berat Emas 9123 gram pada tahun 2023, sehingga semakin mengalami penurunan menjadi 234 nasabah dengan berat Emasnya 6938 gram pada tahun 2024. Peningkatan ini menunjukkan minat masyarakat terhadap produk cicil emas Bank Syariah Indonesia KC. Padangsidimpuan. Target Bank Syariah untuk produk cicil emas telah turun setiap tahunnya karena banyaknya bank yang bersaing dalam mempromosikan produk ini. Karena harga emas tinggi, jumlah angsuran bulanan terus meningkat, sehingga masyarakat tidak dapat mencicil emas untuk kebutuhan dasar mereka. Studi ini berfokus pada strategi pemasaran produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia KC. Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang digunakan dalam produk di Bank Syariah Indonesia KC. Padangsidimpuan. Penelitian ini membahas jual beli, pemasaran, dan bank syariah. Penelitian kuantitatif ini menggunakan analisis SWOT sebagai sumber data; data yang digunakan adalah data sekunder dan primer. Data ini dikumpulkan, diolah, dan dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik analisis SWOT, yang merupakan analisis kualitatif yang melihat faktor internal dan eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan lebih memprioritaskan promosi dan sosialisasi produk cicil emas daripada menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Sistem pemasaran yang digunakan adalah analisis SWOT dan prinsip 4 P (Produk, Promotion, Price dan Place).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Rukiah, S.E. M.Si dan Ferri Alfadri, M.E
Keywords: Strategi; Pemasaran; Produk cicil emas; Bank Syariah KC. Padangsidimpuan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Diva Rahmadani Damanik
Date Deposited: 23 May 2025 03:27
Last Modified: 23 May 2025 03:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12131

Actions (login required)

View Item View Item