Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran Customer In Service Delivery dalam peningkatan jumlah nasabah di Bank Sumut Syariah KC Padangsidimpuan

Fadilia, Sephia (2024) Peran Customer In Service Delivery dalam peningkatan jumlah nasabah di Bank Sumut Syariah KC Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040100033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Bank Sumut Syariah KC Padangsidimpuan dalam meningkatkan jumlah nasabah telah menerapkan berbagai strategi, namun masih ada beberapa nasabah yang tanpa disadari merasa kurang puas dengan pelayanan karyawan pada bidang Customer In Service Delivery yaitu pada Customer Service dan teller, ditambah lagi dengan adanya target penambahan jumlah 1000 nasabah untuk setiap tahunnya, pada tahun 2020-2021 penambahan jumlah nasabah tidak mencapai target dimana hanya mencapai 901 nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Customer In Service Delivery dalam peningkatkan jumlah nasabah di Bank Sumut Syariah KC Padangsidimpuan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana subjek penelitian terdiri dari satu customer service, satu teller, dan lima nasabah. Data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder, yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Customer In Service Delivery, yang terdiri dari customer service dan teller, sangat penting dalam peningkatan jumlah nasabah di Bank Sumut Syariah KC Padangsidimpuan. Pelayanan yang baik dapat meningkatkan kepuasan nasabah dan memperkuat loyalitas. Namun, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, seperti waktu antrian yang terlalu lama dan kurangnya keramahan dari karyawan dalam memberikan pelayanan. Perbaikan pada dua aspek ini sangat penting untuk meningkatkan kepuasan nasabah secara keseluruhan. Dengan demikian, meskipun pelayanan yang baik telah meningkatkan jumlah nasabah, masih ada ruang untuk perbaikan agar target penambahan nasabah dapat tercapai dengan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan M.Yarham, M.H
Keywords: Customer In Service Delivery; Nasabah; Bank Sumut Syariah KC Padangsidimpuan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Diva Rahmadani Damanik
Date Deposited: 16 May 2025 08:07
Last Modified: 16 May 2025 08:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12126

Actions (login required)

View Item View Item