Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar PPKn menggunakan model embelajaran aktif tipe role reversal question pada Siswa Kelas V MIN 1 Padangsidimpuan

Dalimunthe, Rizka Hayati (2024) Peningkatan hasil belajar PPKn menggunakan model embelajaran aktif tipe role reversal question pada Siswa Kelas V MIN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya keaktifan belajar siswa di kelas merupakan salah satu penyebab minimnya hasil belajar siswa. Hal tersebut dikarenakan proses belajar mengajar siswa kelas V MIN 1 Padangsidimpuan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang masih terlalu monoton yaitu hanya dengan guru menjelaskan, siswa mencatat dan mengerjakan tugas saja sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan beberapa siklus secara berulang sampai mencapai nilai ketuntasan belajar yang telah ditargetkan. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V MIN 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 30 siswa dan objek pada penelitian ini yaitu pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Hal tersebut dapat dilihat dari persentase nilai rata-rata dan nilai klasikal siswa pada pratindakan hingga siklus II. Nilai rata-rata siswa pratindakan bernilai sebesar 58 dan meningkat pada siklus I pertemuan I menjadi 62,6. Lalu nilai rata-rata siswa meningkat lagi pada siklus I pertemuan II menjadi 66,6 dan meningkat lagi pada siklus II pertemuan I menjadi 79. Selanjutnya siklus II peretmuan II meningkat drastis 8533. Sedangkan nilai klasikal siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Persentase nilai klasikal Pratindakan hanya 26,6%, meningkat pada siklus I pertemuan I menjadi 36,6 %, dan meningkat lagi pada siklus I pertemuan II menjadi 66,66% kemudian meningkat lagi pada siklus II pertemuan I menjadi 73,33%. Dan meningkat lagi siklus II pertemuan II menjadi 93,33 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rahmadani Tanjung, M.Pd dan Nashran Azizan, M.Pd
Keywords: PPKN; Model pembelajaran aktif; Tipe role reversal question; MIN 1 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 May 2025 17:09
Last Modified: 22 May 2025 08:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12086

Actions (login required)

View Item View Item