Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan strategi think pair share pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 04 Asam Jawa Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Hasibuan, Sri Fadilla (2024) Peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan strategi think pair share pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 04 Asam Jawa Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
Sri Fadilla Hasibuan pdf - Sri fadilla Hasibuan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah siswa masih kurang keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu siswa masih kurang percaya diri terhadap dirinya sendiri, dalam proses pembelajaran siswa lebih banyak diam, tidak mau menjawab pertanyaan jika guru bertanya dalam pembelajaran. Siswa masih terbata-bata dan ragu-ragu jika menjelaskan materi yang sedang diajarkan. Untuk mengatasi rendahanya keterampilan berbicara siswa. Peneliti menggunakan strategi pembelajaran think pair share untuk membantu siswa aktif saat belajar dan berani dalam menyampaikan jawaban atau pendapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan strategi think pair share. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) dengan menggunakan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan 30 orang siswa kels V SDN 04 Asam Jawa Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi think pair share dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat pada kondisi awal keterampilan berbicara siswa terdapat 11 siswa yang terampil dengan persentase 36,66% dan 24 siswa yang tidak terampil degan persentase 63,33% dengan nilai rata-rata 54,1667 atau tergolong keterampilan kurang. Setelah menerapkan strategi think pair share pada siklus I terdapat 19 siswa yang terampil dengan persentase 63,33% dan 11 siswa yang tidak terampil dengan persentase 36,66% dengan nilai rata-rata kelas 65 atau tergolong keterampilan cukup. Pada siklus II terdapat 26 siswa yang terampil dengan persentase 87% dan 4 siswa yang tidak terampil dengan persentase 13% dengan nilai rata-rata kelas 78,5 atau tergolong keterampilan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M. Pd dan Ade Suhendra, M. Pd. I
Keywords: Keterampilan berbicara siswa; Strategi think pair share; Pelajaran Bahasa Indonesia; SDN 04 Asam Jawa Kabupaten Labuhan Batu Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 May 2025 15:51
Last Modified: 14 May 2025 15:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12075

Actions (login required)

View Item View Item