Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas II SD Negeri 192 Kotanopan

Pulungan, Ifrah Muliyani E. (2024) Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas II SD Negeri 192 Kotanopan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
IFRAH MULIYANI E. PULUNGAN PDF - Ifrah Muliyani E.Pulungan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan siswa dalam membaca permulaan pada siswa kelas II SD Negeri 192 Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 192 Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal pada April-Mei 2024. Data penelitian diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi mengenai kesulitan siswa dalam membaca permulaan siswa kelas II SD. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian bertempat di SD Negeri 192 Kecamata Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Sumber data pada penelitian yaitu data pokok (primer) serta data tambahan (sekunder). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model miles and hubberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahjwa terdapat beberapa kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa Kelas II SD Negeri 192 Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Melalui data dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan membaca permulaan siswa kelas II yaitu: tidak mampu memahami simbol bunyi, kesulitan membedakan huruf, tidak lancer dalam membaca, kurangnya memori visual dan banyak kesalahan dalam membaca. Faktor yang menghambat siswa kesulitan membaca permulaan yaitu: kurangnya strategi dalam mengajar, siswa tidak bersekolah di taman kanakkanak, keluarga yang kurang memberikan dukungan belajar, gangguan penglihatan dan kurang maksimalnya pembelajaran di sekolah. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini yaitu kesulitan membaca permulaan siswa kelas II sangan beragam. Mulai dari siswa tidak mengenal huruf, kesulitan membedakan huruf, siswa tidak dapat membaca kata, penghilangan huruf, tidak memperhatikan tanda baca, dan kesulitan mengenali tanda baca. Faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan yaitu kurangnya strategi megajar, siswa tidak bersekolah di taman kanak-kanak, keluarga yang kurang memberikan dukungan belajar, gangguan penglihatan dan kurang maksimalnya pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Azizan, M.Pd.
Keywords: kesulitan siswa; Membaca permulaan; kelas II; SD Negeri 192 Kotanopan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 May 2025 15:36
Last Modified: 14 May 2025 15:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12073

Actions (login required)

View Item View Item