Harahap, Nursahida (2024) Penerapan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn SDN 0906 Padangsihopal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500131.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya Hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn.Masalah ini terjadi karena kurangnya perhatian siswa saat guru menjelaskan pembelajaran, Kurangnya interaksi siswa dengan guru saat proses pembelajaran berlangsung, proses pembelajaran yang monoton, penggunaan model yang tidak sesuai, tidak memberikan motivasi terlebih dahulu atau tidak mengikut sertakan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran tidak berfariasi dan tidak menarik perhatian peserta didik. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu, apakah dengan penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn SDN 0906 Padangsihopal. Tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn SDN 0906 Padangsihopal. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas 1 SDN 0906 Padangsihopal dengan jumlah 21 orang. Teknik pengumpulan pada penelitian ini yaitu observasi,wawancara,dan tes.sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik kualitatif deskriptif dan kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya,yang setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture pada pembelajaran PPKn SDN 0906 Padangsihopal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn SDN 0906 Padangsihopal yaitu dari rata-rata 59 menjadi 89 dari jumlah siswa memperoleh ≥ 75, maka penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Maulana Arafat Lubis, M.P |
Keywords: | Model pembelajaran picture and picture; Peserta didik; PPKn; SDN 0906 Padangsihopal |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 May 2025 15:36 |
Last Modified: | 21 May 2025 09:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |