Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar PPKn Kelas V SDN 200207 Sitamiang

Nasution, Meliyanti (2024) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar PPKn Kelas V SDN 200207 Sitamiang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi hak, kewajiban dan tanggung jawab. Penyebabnya pembelajaran yang masih menggunakan metode yang sama sehingga membuat peserta didik jenuh dan bosan. Mengatasi permasalahan ini peneliti mengambil solusi dengan penerapan model pembelajaran Make a Match yang akan berdampak peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) menggunakan model Make a Match di kelas V Sekolah Dasar Negeri 200207 Sitamiang. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan 2 siklus, terdapat 2 kali pertemuan. Tiap siklus terbagi atas Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Penelitian ini di tunjukkan untuk kelas V Sekolah Dasar Negeri 200207 Sitamiang yang terdiri dari 21peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran Model Pembelajaran Make a Macth pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 200207 Sitamiang di buktikan dengan Kegiatan pembelajaran pada prasiklus mencapai 23,80% dengan nilai rata-rata 55,95 siklus pertama mencapai 61,90% dengan nilai rata-rata 75,23. Pada siklus kedua peserta didik mencapai 80,95% dengan nilai rata-rata 80,47. Hal ini peneliti mengamati hasil evaluasi pada siklus ke dua ternyata peserta didik sudah menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan tingkat keberhasilan sudah mencapai 80,95%. Dari beberapa usaha yang dilakukan guru ternyata peserta didik ada peningkatan meskipun tidak signifikan akan tetapi sudah memenuhi nilai standar KKM yaitu 78

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Dr. Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran make a match; Meningkatkan hasil belajar; SDN 200207 Sitamiang; PPKN
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 08 May 2025 06:42
Last Modified: 21 May 2025 07:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12059

Actions (login required)

View Item View Item