Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa indonesia melalui metode show and tell di kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan

Aswita, Mutia (2024) Peningkatan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa indonesia melalui metode show and tell di kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syahada Padangsidimpuan.

[img] Text
MUTIA ASWITA PDF - muti harahap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena masih kurangnya keterampilan berbicara siswa dalam penyampaian materi pembelajaran, serta kurang bervariasinya metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru sehingga menjadi faktor kurangnya keterampilan siswa dalam berbicara. Sehingga perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan metode show and tell diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa terutama pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, apakah dengan menggunakan metode show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode show and tell di kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kurt Lewin. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan dengan jumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes untuk melihat peningkatan yang diperoleh siswa, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata siswa adalah 56 atau sebesar 32%. Kemudian dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran show and tell pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 63,6 atau sebesar 52% artinya mengalami peningkatan dari kondisi awal. Setelah dilaksanakan refleksi pada siklus I, nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat menjadi 81,6 atau sebesar 84%. Dengan demikian keterampilan berbicara siswa dari siklus I sampai II mengalami peningkatan dengan menggunakan metode pembelajaran show and tell

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag, M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Keterampilan berbicara; Pelajaran Bahasa Indonesia; metode show and tell; SD Negeri 200205 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 08 May 2025 06:10
Last Modified: 08 May 2025 06:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12055

Actions (login required)

View Item View Item