Nasution, Ika Apriani (2024) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan Di Kelas III MIN 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
Ika Apriani Nasution pdf - Ika Afriani.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn materi hak dan kewajiban. Tidak lain disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode kovensional dan pemakaian model pembelajaran yang belum beraneka macam. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa maka dapat digunakan model pembelajaran Make A Match yang mengakibatkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Model Make A Match adalah model yang menggunakan kartu-kartu dalam waku yang telah ditentukan. Kartu- kartu tersebut berisi kartu pertanyaan dan kartu jawaban. Pada kartu pertanyaan berisi materi yang berkaitan dengan Hak dan Kewajiban, begitu juga pada kartu jawaban berisi materi yang berkaitan dengan Hak dan Kewajiban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model Make A Match di kelas III MIN 3 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui proses hasil belajar siswa melalui model Make A Match kelas III MIN 3 Padangsidimpuan. Penelitian yang dilakukan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan melaksanakan dua siklus. Tiap satu siklus terbagi atas perencanaan (planning), Tindakan (action), Pengamatan (Observasing), dan Refleksi (Reflection). Penelitian iini ditujukan untuk kelas III MIN 3 Padangsidimpuan yang terdiri dari 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka bisa dilihat bahwa model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MIN 3 Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan pada tes awal persentase nilai rata-rata 49. Siklus I Pertemuan I dengan nilai rata-rata kelas sebesar 61,5. Pada Siklus I Pertemua II nilai rata-rata kelas yaitu 70. Siklus II Pertemuan I Dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79, dan pada Siklus II Pertemuan II Nilai rata-rata kelas yaitu 80. Dari siklus II data yang didapat telah mencapai nilai yang diharapkan dengan persentasi paling tinggi yaitu 85%, sehingga penelitian ini bisa diberhentikan dengan nilai yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Hamidah, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran; Make a match; Hasil belajar; Pendidikan; Pancasila; Kewarganeraan; MIN 3 Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani |
Date Deposited: | 02 May 2025 09:50 |
Last Modified: | 02 May 2025 09:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12035 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |