Sriwulandari, Sriwulandari (2024) Pengaruh accessibility dan competence terhadap digital customer experience pada nasabah Bank Syariah Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040100087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Adanya akses digital yang diberikan Bank Syariah Indonesia bisa mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi. Namun, pada kenyataannya ada beberapa permasalahan dalam akses digital yang membuat kurangnya minat nasabah dalam mengakses layanan digital tersebut. Seperti user interface yang kurang intuitif, keterbatasan fitur, Selain itu keamanan yang diragukan oleh sebagian pengguna, Selanjutnya koneksi tergantung pada jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Accessibility dan Competence terhadap Digital Customer Experience pada nasabah Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari responden melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah BSI. Sampel pada penelitian ini sebanyak 97 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan rumus lameshow. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan penggunaan aplikasi Smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Accessibility berpengaruh positif dan signifikan , dengan nilai path coefficients sebesar 0,612 karena memiliki T-statistik yang lebih besar dari 1,96 yaitu sebesar 7,466 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Dan variabel competence berpengaruh positif dan signifikan, dengan nilai path coefficients sebesar 0,359 karena memiliki T-statistik yang lebih besar dari 1,96 yaitu sebesar 4,163 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Implikasi teoritis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa aksesibilitas yang mudah diakses cenderung meningkatkan pengalaman nasabah dan kompetensi yang dimiliki oleh kedua pihak baik pihak nasabah maupun pihak Bank Syariah Indonesia akan meningkatkan pengalaman bagi nasabah. Sedangkan implikasi praktis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan untuk penelitian selanjutnya yang ingin meneliti variabel yang sama agar menjadi acuan di waktu yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Rukiah, S.E, M.Si dan Ananda Anugrah Nasution, M,Si |
Keywords: | Accessibility; Competence; Digital customer experience; Nasabah; Bank Syariah Indonesia |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 02 May 2025 02:38 |
Last Modified: | 02 May 2025 02:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |