Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya promosi terhadap dana pihak ketiga pada PT. BNI Syariah periode 2010-2015

Sari, Intan Kumala (2016) Pengaruh biaya promosi terhadap dana pihak ketiga pada PT. BNI Syariah periode 2010-2015. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Setiap perusahaan selalu ingin meningkatkan jumlah penjualan untuk mendapatkan laba yang lebih besar dan dapat dilihat betapa berperannya pemasaran dalam upaya untuk mencapai tujuan perusahaaan yaitu meningkatkan penjualan serta meningkatkan jumlah nasabah. Adapun strategi yang digunakan untuk meningkatkan jumlah nasabah yaitu dengan promosi. Berdasarkan data yang diperoleh dari laporan keuangan Bank BNI Syariah, jumlah biaya promosi selama periode 2010-2011 mengalami penurunan dan pada periode 2011-2015 selalu mengalami kenaikan. Namun dana pihak ketiga selalu mengalami kenaikan dari periode 2010-2015, sehingga terjadi ketidaksesuaian teori dengan yang terjadi pada Bank BNI Syariah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran bank dan analisis laporan keuangan. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan biaya promosi dan dana pihak ketiga atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Metode penelitian yang dilakukan adalah secara kuantitatif, sumber data berasal dari data sekunder dengan bentuk time series sebanyak 24 sampel. Teknik analisa data menggunakan metode regresi sederhana, dengan uji normalitas, uji T dan koefisien determinasi. Proses pengolahan data menggunakan program komputer SPSS versi 22. Dari hasil pengelolahan data yang dilakukan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel Biaya Promosi (X) dengan Dana Pihak Ketiga (Y). Hal tersebut terbukti dengan uji parsial (uji t) yaitu thitung>ttabel (2,501>1,717) dimana nilai signifikan < 0,05. Perhitungan koefisien determinasi (r2) yang diperoleh 0,221 atau 22,1% yang menjelaskan bahwa variabel Biaya Promosi (X) memberikan pengaruh sebesar 22,1% terhadap Dana Pihak Ketiga (Y). Sedangkan sisanya 77,9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag dan Rizal Ma'ruf Amidy Siregar, MM
Keywords: Biaya Promosi; Dana Pihak Ketiga
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 02 Apr 2020 00:52
Last Modified: 10 Jul 2020 02:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item