Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan menggunakan layanan perbankan syariah dalam transaksi e-commerce

Syafitri, Mirna (2024) Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan menggunakan layanan perbankan syariah dalam transaksi e-commerce. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040100173.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

BSI Mobile Banking berperan penting bagi perkembangan e-commerce. Dengan adanya BSI mobile diharapkan dapat memudahkan transaksi e-commerce. Penggunaan BSI mobile untuk e-commerce berperan sebagai alat pembayaran dalam transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran BSI Mobile Banking dalam perkembangan e-commerce serta menganalisis pengaruh variabel-variabel independen (bebas) yaitu fitur layanan, promosi, biaya admin dan brand image terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan layanan perbankan syariah dalam transaksi e-commerce. Meskipun BSI Mobile Banking mengalami peningkatan jumlah pengguna, dengan 8.800 nasabah pada tahun 2023 pada data nasabah Bank Syariah KC Padangsidimpuan, terdapat berbagai kendala yang dihadapi, seperti ketidakpahaman terhadap fitur layanan, kesalahan sistem, dan kurangnya informasi mengenai biaya admin serta brand image yang di miliki oleh layanan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner online kepada 100 responden yang pernah menggunakan layanan tersebut. Teknik sampling yang digunakan adalah Snowball Sampling, dan analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda setelah uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedostisitas. Secara parsial hasil uji t pada variabel fitur layanan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan layanan perbankan syariah dalam transaksi e-commerce, promosi berpengaruh terhadap keputusan menggunakan layanan perbankan syariah dalam transaksi e-commerce, biaya admin berpengaruh terhadap keputusan menggunakan layanan perbankan syariah dalam transaksi e-commerce, dan brand image berpengaruh terhadap keputusan menggunakan layanan perbankan syariah dalam transaksi e-commerce. Fitur layanan, promosi, biaya admin, dan brand image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan layanan perbankan syariah dalam transaksi e-commerce.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Sarmiana Batubara, M.A dan M. Yarham, M.H
Keywords: Layanan perbankan syariah; Bank syariah; e-commerce
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 02 May 2025 09:34
Last Modified: 02 May 2025 09:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11995

Actions (login required)

View Item View Item